Vins Duecinquanta… Motor 250 CC V-Twin Two Stroke Yang Lolos Euro4

suzuki

Yola dulur yang budiman… Info dadakan dari mancanegara. Buat penggemar stroker alias penggemar mesin 2 stroke, sudah lama memang belum ada berita menggebrak nan menyenangkan. Mesin 2 stroke dianggap tamat riwayatnya setelah aturan emisi Euro berlaku, terakhir bertahan diri saat aturan euro2. Knalpot motor 2 stroke dicekek dengan catcon. Namun setelah itu 2 stroke lemah lunglai menghadapi aturan euro-3. Kini, mesin kaum stroker rise again. Vins Duecinquanta mengeluarkan motor 2 stroke yang tidak tanggung-tanggung, konfigurasi V-twin 250 cc yang lolos aturan euro-4… 😎  😎 .

Kebangkitannya dimulai beberapa tahun lalu, ketika pabrikan motor kecil Vins terbentuk. Digawangi oleh mantan-mantan desainer ferrari F-1, dan di tahun 2015 memperkenalkan motor konsep 2 stroke. Motor konsep tersebut dinamai “Powerlight” yang menggunakan mesin V-twin 100 cc, namun saat itu juga sedang mengembangkan versi v twin 250 ccnya. Sekarang v-twin 250 cc tersebut benar-benar muncul.

Duecinquanta sendiri artinya dua ratus lima puluh dari kosakata italia. Muncul pertama kali di ajang EICMA kemarin, dengan desain yang mirip dengan powerlight, namun dengan mesin V-twin yang lebih gede. Konfigurasinya adalah Vtwin 90° water cooled dengan bore stroke 54-54,5 mm, direct fuel injection. BBm disemprotkan langsung ke dalam ruang bakar ( seperti diesel direct injection ), sesaat setelah lubang exhaust menutup. Dengan cara ini, hasil polutan sangat jauh sekali perbandingan kebersihannya dibandingkan stroker klasik.

Sampai saat ini mereka belum mengeluarkan klaim resmi tentang output power saat di test di jalan raya. namun dari bocoran yang didapat, mesin 1/4 liter v-twin 90° ini memutar roda belakang dengan daya 70 dk. Sungguh bikin para penggemar stroker ngecezz beratzzz  :mrgreen: . Sebagai gambaran, kelas 250 cc 4 stroke dengan power 40 dk saja saat ini masih dalam pelukan mimpi indah setelah 250 cc 4 stroke 4 silinder pensiun.

Duecinquanta sendiri mempunyai perpindahan gigi sebanyak 6 kali, alias 6 speed gearbox. sasis atau frame-nya sendiri berbentuk carbon fibre monocoque frame. Rim carbon fiber, adjustable monoshock, carbon fiber swing arm serta suspensi belakang monosok ngelink swing arm dengan pushrod.

Yang unik, posisi radiator bukan didepan mesin, melainkan diatas mesin. Ini bertujuan agar mesin mendapatkan hantaman langsung oleh angin saat motor melaju sebagai bantuan pendinginan udara. jadi tipe pending mesinnya ada 2, liquid cooled dan air cooled. Aliran udara panas hasil pendinginan disalurkan melewati bawah saddle/jok kemudian dibuang ke belakang. Moncong aliran udara ini berada di belakang ban depan untuk menangkap udara langsung, mirip ram air intake namun fungsinya untuk pendinginan mesin.

Bobot kosong motornya sendiri hanya 95 kg. Wes…. ngga bisa dibayangkan wes…. 70 dk dengan bobot seringan sebuah metik entry level seperti suzuki nex. Tanpa traksi kontrol… iso mabur Lur…… :mrgreen:  :mrgreen: … yang tertarik…. siap-siap bobol tabungan sebesar € 40.000 di eropa sono….. disini ya tinggal kali 2 saja minimal…. keknya buat ngadimin jual kuburan desa aja masih kurang…. :mrgreen: .

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil

1 Komentar

  1. Whew.. 70dk bobot 95kg itu persis kayak motor 250 4tak sekarang yg bobot nya 165kg tp bertenaga 121dk. Edian..

    Tapi 70dk masih kalah sama 78deka kang..

Silahkan Beropini