Terapi Ikan Gratis Ghiffari Tambah Wahana, Masih Tetap Gratis

suzuki

Yola dulur yang budiman….artikel kuliner dan wisata murah meriah lagi. setahun yang lalu ngadimin menulis pengalaman ngadimin berwisata gratis terapi ikan di daerah Linggar Jati Kuningan, sekitar 15 km dari tempat tinggal ngadimin di Cirebon. Setelah lama tidak mengunjungi tempat tersebut, beberapa minggu yang lalu ngadimin mengajak keluarga untuk menyambangi wisata air yang sejuk tersebut. Ternyata tempat wisatanya sudah mendapatkan upgrade, diperluas dan ditambahi wahana hiburan lainnya. Yang senangya, saat itu masih gratis, alias tanpa keluar bayar tiket masuk.

Ghirrafi Valley lokasinya tepat di jalan alternatif Kuningan-majalengka via mandirancan. Persis di belakang tempat wisata taman Linggar jatisebelum gedung perundingan linggar jati yang terkenal itu. Lokasinya persis di pinggir jalan berseberangan dengan tembok pembatas taman linggar jati. Wisata utamanya adalah terapi ikan, kaki dimasukin ke kolam, dan akan digigiti oleh sejenis ikan seperti wader kecil, membuat sensasi rilex di kaki. Silahkan masuk ke artikel berikut ini lebih jelasnya.

Wisata Terapi Ikan Gratis

Nah… kali ini ternyata sudah diperluas dan masih dalam proses pembangunan. Dari penglihatan deka, ada tambahan wahana seperti kolam memancing ikan murah meriah yang ikannya bayar setelah ditimbang hasil memancing. Peralatan dan umpan bisa sewa dan beli. Kemudian ada jalan setapak mengarah ke belakang, menyusuri sawah, dan akan ditemui taman bunga kecil di sepanjang jalan setapak tersebut.

Setelah taman bunga, sedang dibangun taman kecil dengan bangunan kecil, mengingatkan ngadimin dengan rumah teletubbies atau rumah hobbits. Bangunan setengah bundar yang semua tertutupi ole rumput…. Jika nanti sempurna akan menjadi tempat favorite untuk berselfie ria, khususnya anak kecil.

Setelah itu akan ditemui 2 kolam renang alami. kenapa alami? karena bagian dasarnya pasir, dan airnya langsung mengambil dari mata air di atasnya. Anak-anak dan orang dewasa bisa menikmati sejuk dan beningnya air dari mata air lereng gunung ciremai.

Menyusuri jalan setapak yang mengikuti aliran anak sungai kecil yang airnya bening, dibawah naungan pohon yang rindang membuat betah berlama-lama. Di bagian ujung belakang ada sejenis taman burung kecil, bangku-bangku istirahat, tempat bermain anak-anak, serta kolam-kolam kecil terapi ikan. Jadi kolam terapi ada dua lokasi, depan dan belakang, Hanya saja bagian depan lebih besar dan lebih nyaman karena ada bangunannya. Sedangkan bagian belakang terasa alami, karena kolam-kolam kecil dibawah pohon, duduknya diatas batu.

Yang menggembirakan adalah tidak ada tiket masuk, hanya biaya parkir motor atau mobil, serta membeli makanan ringan disitu. makanan berat pun tersedia, seperti karedok, menu ikan, pecel, mie dan lainnya. Semua harga cukup terjangkau.

Jadi jika dulur sekalian ingin piknik dengan budget terbatas, terapi ikan Ghiraffi valley bisa menjadi salah satu opsi destinasi wisata di kuningan….. mumpung gratis.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

gulf oil

1 Komentar

Silahkan Beropini