Perlukah Motor Suzuki Dicek Pakai SDS2 Saat Servis?

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Ajang ngumpul ketemu dengan para dedengkot SIS di suzuki bike meet tentu tidak ngadimin sia-siakan untuk mengorek info serta menyampaikan aspirasi dari bawah, para pengguna motor suzuki. Salah satunya adalah ketersediaan spesial tool untuk servis motor-motor injeksi suzuki di diler. Alat tersebut adalah SDS2 atau Suzuki Diagnostic System 2. Pertanyaan sederhana saja, perlukah motor suzuki itu dicek memakai sds2 saat servis?

Untuk lebih afdol dan to the point, ngadimin langsung memborbardir bagian tehnical servis SIS… Tidak tanggung-tanggung, 2 orang dedengkotnya, yaitu Mr. Harsoyo dan Mr. Hariadi, assisten of Head Service SIS. Soal pengetahuan tehnis, jangan ditanya, sudah melanglang buana untuk memberikan pelatihan dan detailing soal service motor suzuki.

Yang pertama, kita harus mengenal SDS2 itu seperti apa…. SDS2 adalah pengembangan dari SDS1, yaitu perangkat atau tool dimana alat tersebut adalah untuk membaca atau mendiagnosa data-data yang ada di ECU motor. Hebatnya SDS2 dibandingkan SDS1 adalah… semua jenis motor suzuki injeksi tahun baheula, bebek seperti smash, metik seperti nex, address, sampai yang tercanggih seperti hayabusa, GSX-R1000R, SV650 alat sama… SDS2. Diagnostic tool ini tidak hanya membaca kode dimana bagian atau part hidup apa mampus saja, baru klepek-klepek, setengah, sepertiga mampus saja, SDS2 bisa mendeteksi, itulah bedanya dengan diagnostik tool merk lain.

mr. hariadi asst of head service suzuki

Bentuknya yang kecil dan simple pun lebih praktis daripada menggunakan laptop. Hanya saja, SDS2 tidak bisa dipasangkan paralel dengan banyak laptop atau PC. 1 SDS2 hanya bisa diakses dengan 1 laptop atau PC. Itupun registrasinya harus ngelink dulu ke yang pegang kunci…. Ya Mr. Hariadi lah yang pegang satu-satunya se Indonesia. Karena kecanggihannya, maka harga SDS2 lumayan mahal, sekitar 10 juta rupiah, dan tidak dijual umum, dibuat khusus untuk kalangan terbatas suzuki, dan ketersediannya sangat terbatas.

Faktor mahal itulah kenapa kemarin pengadaan SDS2 di tiap diler terhambat, makanya SDS2 didistribusikan terlebih dahulu untuk diler-diler besar. Namun dari statment Mr. Harsoyo, saat ini 80% diler suzuki motor sudah mempunyai SDS2 untuk alat servis mereka. Dari penjualan motor GSX 150 series, address, serta satria, akhirnya diler-diler dibawah naungan diler besar mampu mendatangkan SDS2. Apalagi memang pengadaan SDS2 di tiap diler suzuki memang digalakkan oleh SIS pusat.

Mr. Harsoyo SIS

Menurut penuturan mr. Harsoyo, sebenarnya SDS2 itu alat yang mewah untuk mengecek atau menyervis motor seperti nex, address, satria, gsx150 series… kenapa?

” Sebenarnya, motornya sendiri sudah bisa memberikan kode kesalahan melalui kedip lampu indikator, atau kode angka di satria FI dan GSX150 series, itu sudah cukup. Apalagi jika motor hanya servis rutin tanpa keluhan…… buat apa didiagnosa menggunakan SDS2? di Jepang kita ditertawai saat servis motor kecil menggunakan SDS2. Its to expensive tool for it kind of bike…. its for bigbike…….kata tehnisi jepang. ECU standar motor suzuki sudah cerdas mas….. SDS2 itu hanya berfungsi untuk mendata keseluruhan status motor, pernah error dimana, serta back-up seperti apa. Ibaratnya SDS2 itu ultimate tools. Makanya hanya untuk membuktikan ke konsumen, ini lho….. tools servis motor suzuki, canggih banget…… padahal indikator layar di satria FI atau GSX150 series juga sudah menunjukkan kode kesalahan ada dimana…. Memang dengan SDS2 servis motor jadi sangat cepat, tepat, presisi dan memudahkan tehnisi. Dan yang jelas pamor diler akan naik dimata konsumen” cerocos mr. Harsoyo sambil mata melotot dan suara lantang…. :mrgreen:Ā  :mrgreen: .

Benar…. memang sih, SDS2 memang tools yang canggih, servis normal motor suzuki tidak butuh SDS2, cukup semprot sana-sini, bersih sana-sini, ganti oli, ganti filter, kelar, data dan setting ecu tidak akan berubah dalam kondisi apapun. Tapi SDS2 dibutuhkan untuk obat pemilik motor, bukan motornya. Seperti motor tetangga yang dicek pakai laptop segala……. servis jadi kelihatan keren. Padahal motor suzuki jika tidak ada keluhan ya nggak perlu didiagnosa, tapi ketika tahu motornya dicolokin SDS2, pemilik merasa bangga…. motorku dicolok diagnostic toolnya HAYABUSA…….. wkwkwkwkwkwk šŸ˜†Ā  šŸ˜†Ā  šŸ˜† .

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil

1 Komentar

  1. Mumpung ketemu mr harsoyo kang, coba tanyain kenapa electrical address lokal sm ekspor bedanya banyak begitu.

    Orang lokal juga mau kualitas suzuki asli kang, macem eropa punya itu. Bukan tampangnya tp dalemanya

Silahkan Beropini