Inilah Triumph Speed Triple Terbaru

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Jika sebelumnya baru spyshot dan video teaser new triumph speed triple, kini motor jenis hooligan tersebut sudah diluncurkan secara resmi untuk edisi 2018. Mari kita obrolin apa yang baru di motor buatan negeri aristokrat tersebut.

Mesin

Motor all new mempunyai satu makna…mesin baru. Dengan kubikasi 1050 cc, bukan hal yang menakjubkan daripada versi lawas, namun dengan ubahan sebanyak 105 komponen baru jelas sebuah peningkatan signifikan. Mesin lebih mudah meraung ke rpm tinggi dan rpmnya lebih tinggi 1000 rpm dari versi lama.

Mesin baru diklaim mengeluarkan power 148 bhp ( on wheel). Torsinya mencapai 86 ftlb. Nafas motor lebih plong karena penerapan knalpot yang menganut freeflow tapi dilengkapi catalityc conventer yang segede gaban. Ubahan desain header juga berpengaruh dengan karakter suara serta respon mesin. Desain knalpot baru juga membuat karakter raungan klasil triple silinder menjadi lebih kental…..

Tech

All new speed triple mendapat sentuhan tehnologi di sektor elektronik. Yang paling menonjol adalah konsol speedo full colour TFT 5 inch. Layar tersebut adalah kontrol untuk perangkat elektronik motor dengan tombol-tombol di konsol handle bar. Triumph menyebutnya sebagai “swithcube”. Terdapat tombol-tombol pengatur kecanggihan motor modern seperti traksi kontrol, riding mode, throttle setting dll. Mesin juga ditanami slipper clutch agar lebih mudah saat shifting gear.

New speed triple juga dilengkapi dengan lampu led DRL dan usb charger port. Sentuhan terkini juga mengenai stop kontak, yaitu menggunakan keyless system. Kontak motor menggunakan remote seperti suzuki gsxr150, bukan kunci konvensional untuk meningkatkan keamanan…khusus tipe RS.

Sasis dan Suspensi

Untuk sasis masih sama dengan versi lama dan menggunakan single sided swing arm. Suspensi mengandalkan fully adjustable 43mm Showa USD forks dan Showa monoshock untuk tipe R. Ohlins NIX30 USD forks dan TTX36 twin tube monoshock (again fully adjustable) untuk tipe RS. Keduanya mengandalkan Brembo M4.34 radial monobloc calipers. Ban disuplai oleh pirelli seri diablo supercorsa.

Berikut ini spek umum speedtriple R dan RS

Triumph Speed Triple S RS
Engine 1050cc triple 1050cc triple
Power 148bhp @ 10,500rpm 148bhp @ 10,500rpm
Torque 86 ftlb @ 7150rpm 86ftlb @ 7150rpm
Weight (dry) 192kg 189kg
Seat Height 825mm 825mm

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

Be the first to comment

Silahkan Beropini