Oli Menghitam Tanda Kualitas Jelek?

suzuki

Yola dulur yang budiman… Ketika diskusi soal oli atau perlendiran, kadang ada yang mempertanyakan kualitas sebuah merk oli. Dasarnya cukup sederhana….oli nampak menghitam setelah dipakai selama kurun waktu tertentu, katakanlah diatas 500 km. Mereka melihat dari jendela oli mesin atau melihatnya langsung saat oli ditap. Apakah kualitas oli jelek ketika menghitam? Pertanyaan pertama yang muncul seperti itu.

Bagi orang awam, publik biker secara umum akan bertanya seperti itu, bahkan bagi pemerhati pelumas yang sedang awal mengenal oli. Hal tersebut lumrah karena kita melihat bahwa oli yang masih segar, yang barusan dituang dari bungkusnya, oli nampak jernih, bisa berwarna kekuningan atau warna lain sesuai dengan pewarna yang dipakai oleh oli tersebut. Namun dipastikan warnanya bening walau berwarna.

Begitu pula ketika oli harus diganti dan ditap. Oli bekas berwarna hitam, sehingga kita berpikiran bahwa oli yang menghitam itu jelek. Ditarik ke kasus oli yang baru sekitar 500-600 km oli sudah menghitam, maka bisa dijudge oli tersebut kualitasnya jelek. Masak baru dipakai sebentar olinya udah hitam? Mungkin begitu pertanyaannya.

Liqui moly MOS2

Well….kalau sepengetahuan ngadimin yang sedang belajar tentang perlendiran, hampir semua merk oli akan menghitam jika sudah dipakai dalam kurun waktu tertentu. Bahkan sepengalaman memakai oli yang harganya diatas 100 ribu perliter pun, oli akan nampak menghitam setelah dipakai sejauh 500 km. Bahkan oli toptier harga mahal seperti Liqui Moly MOS2 dari dalam botolnya sudah berwarna hitam. Apakah ini berarti olinya jelek? Tentu tidak.

Dari pakar perolian, sebenarnya oli sendiri selama tidak terbakar maka akan tetap bening. Makanya adakan oli hasil refinning dari oli bekas? Karena yang menghitam tersebut sebenarnya bukan bahan dasar olinya. Tapi additive yang terbakar dan bereaksi menjadi berubah lebih gelap. Oli yang kita beli, umumnya memang terdiri dari 2 bahan, olinya sendiri dan addpack atau additive.

Belum lagi additive oli ada golongan detergent-nya, sehingga ketika dinding bagian dalam mesin kotor, akan dikikis oleh detergent tersebut, dibawa bersirkulasi oleh oli dan dipikul oleh oli, sehingga warnanya gelap.

Memang perubahan ke warna gelap ini tergantung kualitas additivenya. Ada additive yang tahan panas dan stabil sehingga sudah dipakai pun warnanya tidak terlalu gelap…namun ngadimin pastikan tetap terjadi perubahan warna lebih gelap dari awal tuang. Oli yang berwarna gelap setelah pakaipun belum tentu kualitas additivenya jelek. Bisa jadi additivenya sebagian rusak dan gelap, namun jika kandungan additivenya berlimpah, maka belum semuanya rusak kan?

Jadi perubahan oli menjadi gelap bukanlah perameter utama sebuah oli rusak. Itu hanya tanda bahwa additive oli bereaksi. Terus tanda-tanda oli rusak bisa dilihat dari mana? Salah satunya adalah uji drop menggunakan tissue. Dan yang pasti, kendaraan andalah jawaban pastinya, jika sudah merasa kurang enak, suara lebih kasar, maka itu tanda mulai terjadinya keausan, oli tidak protektif lagi, alias mulai rusak. Ada tips mudah jika anda memakai oli jenis mineral. Jika tiba2 mesin sangat enteng setelah sekian ribu km, maka itu tanda keenceran oli sudah dibawah sae standarnya, sebentar lagi brakedown dan mengental jadi kerak. Jika jenis oli fully synthetic akan kebalikannya, mesin akan lebih berat saat kondisi mesin dingin karena oli yang gejala rusak akan mengental sekitar sae 40 tunggal.

So…. Perhatikan oli yang anda gunakan dari jenis apa, lakukan uji droptest tissue, jangan jadikan perubahan warna oli jadi gelap saat dilihat menjadi acuan menilai bagus tidaknya oli.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil

1 Komentar

  1. Sorry melenceng dr topik..,,
    Lek ada bocoran matic
    ALL NEW SUZUKI SWISH 125cc 2018
    gak taun ini…???
    Ini matic fiturnya plek kek kymco lho…😈😈😇
    Apa gak sebaiknya suzuki nex dicancel aja ganti ini si swish 125 coz, lebih menjanjikan lho dek amat rata muat elpiji 12 kg plus bagasi super luas, tangki bbm di rak depan, double shock, spido full digital, dll…!!!!
    Gimana nih ada niat produksi disini gak…???

Silahkan Beropini