Kenalilah Motormu, Jangan Sedikit-Sedikit Posting Help……

suzuki

Yola dulur yang budiman….menjadi seorang rider motor itu tidak hanya skill berkendara saja. Pengetahuan akan psikologi jalan juga perlu, belajar attitude di jalan juga sangat penting. Mengenal jondisi dan medan yang dilalui juga sangat penting. Namun tidaklah sempurna jika sebagai rider motor tidak mengenal motornya sendiri. Mengenal motor bukan berarti anda harus menjadi seorang expert. Lebih baik terus belajar daripada sedikit-sedikit posting help minta bantiuan di medsos.

Mengenal hal-hal mendasar tentang motor anda bisa sangat menolong dalam kondisi tertentu. Bacalah spek dan spesifikasi motor anda melalui buku petunjuk. Baca fungsi masing-masing fitur, indikator serta tool yang ada. Mulailah dari hal-hal yang ringan dan sepele. Terus bertanya jika tidak tahu ke yang lebih berpengalaman. Dulu ngadimin sering bikin artikel TePOK ringan-ringan, mulai dari mencuci motor sendiri, pasang bohlam yang mati, sampai dengan bongkar karburator. Semua melalui proses dari hal yang ringan-ringan.

Kenapa pengenalan akan motornya sendiri beitu penting? Karena yang namanya bengkel atau tehnisi belum tentu ada saat dibutuhkan. dengan mengenal motor, minimal bisa dilakukan pertolongan pertama atau darurat. Jangan sampai hanya keran ketidaktahuan, motor distater tidak nyala, posting help di medsos, padahal lupa tombol engine kill tidak on. Atau kasus penggunaan keyless suzuki GSXR150 tidak dibaca tuntas, sehingga bingung menyalakan motor. Atau menemukan kondisi puntiran gas terlalu rapat atau terlalu speleng atau jauh sehingga seperti ngegasnya terlalu dalam baru motor bisa jalan, padahal tinggal mengatur putaran gas di pangkal kabel gas.

Dalam kasus lain yang lebis serus, ketika anda mengendarai motor berkarburator kemasukan air hujan sehingga mogok. Jika anda sedikit tahu cara bongkar karbu, maka hanya dengan bermodal obeng, anda bisa menguras air dalam mangkok karbu sebagai pertolongan pertama. Kasus lain yang masih termasuk ringan adalah mengetahui mekanisme dasar kelistrikan. Tidak perlu yang rumit, minimal soal busi dulu, sehingga jika motor mengalami problem kelistrikan, anda bisa mengecek dasar kelistrikan dengan mengecek busi. jangan sedikit-sedikit HELP…….

mengganti filter oli

Dengan mengenal motor anda, maka anda akan tertarik lebih tahu dan lebih perhatian terhadap motor anda. Bisa melihat hal-hal yang detail seperti jadwal perawatan, sparepart mana yang punya tanda-tanda diganti, dan membiasakan motor anda selalu dalam performa yang maksimal. Jika anda merawat dan mengenal motor anda, maka tunggangan anda akan menjawab dengan selalu sehat dan seger waras saat dikendarai. Berbeda jika anda hanya bisa pancal dan gaspol saja, tidak peduli dengan motor. Hampir semua keausan atau masalah motor sebenarnya ada gejalanya, motor sudah memberikan warning jika bisa membacanya.

Jikapun anda tidak bisa mengatasi permasalah motor yang ngadat dan harus tehnisi yang melakukannya, minimal dengan mengenali motor anda tidak buta 100% dan tidak panik saat menemui masalah. Dengan menganalisa motor anda, anda sudah menyalurkan rasa panik dengan cara berpikir untuk mencari sumber masalah. Atau ketika bertemu dengan oknum tehnisi nakal, anda tidak dibohongi. Masak hanya karena motor brebet karena sensor kotor anda ditipu dengan harus mengganti busi, ganti oli, ganti filter oli, ganti kabel gas, ganti perpak mesin karena mesin dibongkar dan dibersihkan sektor ruang bakarnya. padahal tinggal semprot pakai cairan pembersih saja melalu intake manifold atau throttle bodi.

So… mulai kenali motor anda…. bukannya pacar saja ingin dikenali bukan? apalagi motor yang kamu tunggangi hampir tiap hari??? :mrgreen:  :mrgreen:

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

2 Komentar

  1. Hahaha…., artikel ini sangat sesuai sekali dengan temen2 kantor ane dimana punya motor yg penting asal masih bisa dipancal beres, tapi orang2 itu kalo dibilangin justru malah kitanya yg dibully namun secara tersirat.

Silahkan Beropini