Mulai 2018, Suzuki Akan Lebih Fokus Ke Quantitas Penjualan…Metik Entry Level?

Kopi suzuki
suzuki

Yola dulur yang budiman…ngadimin mendapatkan info langsung, statment dari petinggi suzuki. Nanti dimulai dari 2018 pihak SIS akan lebih fokus guna mendongkrak kuantitas atau jumlah penjualan. Dari kacamata ngadimin, berarti suzuki akan serius menggarap segmen metik entry level, nex dan address.

Kenapa kelas entry level? Karena lumbung penjualan memang di kelas ini. Motor harga terjangkau yang mana target sasarnya adalah konsumen yang butuh motor untuk kebutuhan sehari-hari. Disini suzuki sekarang hanya punya metik Nex dan Address, bagaimana dengan new Smash? Karena segmen bebek makin mengkeret, mungkin bisa diabaikan dulu.

Bicara nex, metik murah meriah, kenceng, lincah, irit ini memang belum pernah ada penyegaran lagi. Nex yang dijual sekarang adalah nex versi lama yang direborn ulang. Sudah saatnya mendapatkan sentuhan baru, dan bisa jadi ALL NEW. Yang dipertahankan hanya mesinnya saja, yang memang terkenal bandel, irit, tapi mau diajak kencang…..tentu bagi yang tahu dan mengendarainya. Jika anda belum pernah kenal nex, mungkin anda akan tertawa dengan statment ngadimin ini, tertawa dalam ketidaktahuan.

Suzuki_nex

Sedangkan metik kedua adalah address. Khusus address ini sebenarnya sudah mendekati sebuah metik ideal ntuk entry level. Dengan harga sedikit dibawah honda beat, tapi anda mendapatkan metik dengan bodi lebih besar, bagasi lebih besar, mesin 110 cc  yang halusnya naudzubilah… Sehalus pipinya imogen pots, silinder scem, vibrasi halus, metik dengan parameter eropa.

Mungkin sektor suara stater diperhalus, fitur standar sebuah metik dari parking lock, SSS, dan mempercantik sedikit sektor headlamp, address bisa menjadi metik entry level kelas medium idaman, minimal ibuk negara yang sudah merengek-rengek minta dibelikan address gara-gara testride.

Opini ngadimin sendiri sebenarnya suzuki masih butuh produk mercusuar, motor kelas atas sebagai alat katrol image motor kelas massalnya. Bisa burgman series untuk kelas metik, atau metik kelas mediumnya, supermetik suzuki 180 cc. Memang secara kuantitas tidak akan menjaring konsumen massive. Tapi membangun brand image, public trust builder dulu. Kenapa? Karena menjual motor kelas entry level, kelas massal itu berbeda dengan kelas medium atau high. Trust builder, brand image sangat-sangat berpengaruh. Bahkan faktor non tehnis motornya juga punya pengaruh besar….aftersales, isu media, public opinion, dan resales value….

Tapi mungkin pihak SIS punya pertimbangan tersendiri, punya strategi sendiri. Namun yang jelas bicara pertambahan jumlah jualan berarti memang motor kelas murah….berarti akan ada nex baru dan address baru…. Variasi product metik entry level? Belum dibutuhkan untuk kondisi sekarang, hanya jadi beban line produksi saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

8 Komentar

  1. kuat ga pabrik dan sdm nya ngejar kuantitas. pengalaman beli adres di prj. dijanjiiin 2mg ga keluar keluar. tiap ditanya salesnya jawab pabrik lg ngejar gsx dulu. jd adres kosong. akhirrnya beli merk sebelah yg ready stok. padahal pengen nycipin motor suzuki

  2. Saran aja buat address ground clearance agak tinggi sedikit… Lampu LED … Fitur yang disebutkan di atas perlu sss … Parking lock … Spedometer digital pengukur kecepatan jangan pake kawat ke ban depan lagi gampang putus dan lainnya… Tambah jarak celah tengah buat kaki supaya muat banyak dan nyaman bawa barang2 dan itu aja sementara ane pengguna address buat Go jek…

    • Address emang enak diliat designnya dan harus di upgrade fitur yang kekinian. Tapi kurang setuju sama pendapat kalo kabel speedometer cepet putus, saya sendiri pengguna suzuki dengan speedometer model kabel juga, dan sudah 7 tahun lebih masih awet tidak putus karena saya yang cek sendiri. Tapi dari pembacaan kecepatan kabel tidak seakurat digital.

      • Sori gan kenapa ane nulis itu karena nimpa motor diri ane sendiri di kilometer 7500 san plus lampu indikator sein di speedometer mati juga… Bukan BC sorry banget ini mah sedikit pengalaman tapi ane jujur selama ini pake address puas pake banget… Dibanding pake motor metic merk lain sekelas yang pernah ane coba…

Silahkan Beropini