Efek Oli Gear Metik Diganti Dengan Stempet

suzuki

Yola  dulur yang budiman….kejadian ini sebenarnya termasuk aliran sesat, namun bukan sesat nikmat tapi sesat laknat  :mrgreen: . Dan bukan hal yqng disengaja, tapi tertipu. Sebuah metik, dibonggar bagian gearboxnya, ternyata oli gearbox telah diganti dengan stempet, bagaimana efeknya?

Diceritakan di grup LDIC, ada member yang barusan memboyong atau membeli sebuah metik seken di sebuah diler mokas. Karena penginnya metik dari pabrikan anu, maka dipilihlah sebuah metik dan saat dicoba ditempat terasa normal dan halus suara mesinnya.

Merasa cocok, motor dibawa pulang dengan berboncengan dengan temannya. Setelah dijalan, suara mesin menjadi berubah seperti mendengung. Makin lama, dengungan makin keras. Ditelisik asal suara berasal di daerah belakang di sektor gearbox.

Makin lama makin keras dan bersuara kasar. Setelah sampai di rumah kemudian karena penasaran dibongkar di bengkel. Awalnya dicoba tap oli gearboxnya, namun aneh, tidak ada oli yang mengalir keluar. Akhirnya dilakukan pembongkaran.setelah dibongkar, ternyata ruang gearbox bukan berisi oli, tapi stempet alias gemuk…. :mrgreen: .

Pantesan suara mendengung, menandakan tidak adanya sirkulasi oli ke gearbox, pelumasan tidak sempurna. Pantas jika suara halus, karena stempet yang lengket. Namun jika sudah berjalan, oli yang seharusnya bersirkulasi tidak terjadi. Komponen yang berputar dan punya ruang longgar itu pelumasan cair, bukan stempet…..

Btw, memang ada 1001 trik pedagang motor bekas agar dagangannya nampak istimewa, walaupun sebenarnya berefek sesaat. Jadi, jika beli motor seken, paling baik memang langsung masuk bengkel untuk mendapatkan general check up.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

5 Komentar

Silahkan Beropini