2018 Lambretta Up From Ashes Dengan V-Special

suzuki

Yola dulur yang budiman….info dadakan dari ajang EICMA. Kalau beberapa waktu yang lalu ngadimin membuat artikel tentang fenomenalnya honda supercubs, disitu terdapat bahwa inspirasi supercubs adalah saat soichiro honda mengunjungi pabrik scooter lambretta. Ya, kali ini kita bahas lambretta yang up from ashes di tahun 2018 dengan seri V-specialnya.

Lambretta sendiri adalah pabrikan spesialis scooter italia yang sudah berproduksi sejak 1947. Hampir berbarengan dengan vespa, karena pada awalnya tokoh pendirinya punya hubungan, hanya berbeda ide saja. Di kalangan biker retro Indonesia, skuter lambretta justru punya aura klasik lebih kental dari vespa, kesan jadulnya begitu kuat dan walaupun model-model baru keluar, kekonservatifan lambretta mengakar kuat.

Di tahun 2018 nanti, lambretta akan mereborn V-special mereka, atau 70 tahun dari awal kemunculan pertamanya. Yang special dari V-special ini adalah keterlibatan KISKA austria dalam mendesain scooter mini ini. Siapa yang tidak kenal kiska? Desainer KTM dan Husqvarna, yang bertanggung jawab memodernisasi v-special namun tetap mempertahankan konservatifan lambretta. V-special 2018 akan dibagi menjadi 3 variasi, V-50 special, V-125 special, dan V-200 special.

Konstruksi V-special akan menggunakan kombinasi baja dan forged alumunium untuk rangka dan bodinya. Untuk side panelnya bahkan bisa diganti dengan carbon fiber jika ada yang pesan khusus, karena side panel ini bisa bongkar pasang dengan mudah. Mesin yang langsung menempel di roda belakang ini jelas akan 4 stroke untuk mengejar euro-4. Sedangkan rem depan belakang sudah mengadopsi rem cakram.

Modernisasi tersebut menyentuh di sektor panel elektronik, baik lampu yang sudah full LED walaupun tetap berdesain klasik. Serta indikator dashboard atau panel speedo yang cukup unik, kombinasi panel jarum klasik dan full digital. Dan akan dilengkapi dengan bluetooth untuk berkoneksi dengan smartphone.

Untuk harganya sendiri, di eropa lambretta v-special akan dibandrol sebesar EUR 2,799.00 ($3,246.00) untuk V50 Special. The V125 EUR 3,399.00 ($3,942.00) dan V200 EUR 3,999.00 ($4,638.00).

Akankah Lambretta akan menarik minat investor lokal Indonesia untuk memasarkan scooter klasik ini? Kita  tunggu saja yah….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Silahkan Beropini