Mengatasi Suara Cklak Suspensi Suzuki GSX-R150

suzuki

Yola dulur yang budiman….si gipsy danger, suzuki gsxr150 walaupun motor sport full fairing, oleh ngadimin sering diajak ke jalan yang bukan habitat aslinya. Kadang diajak main ke farm dimana akses jalan masih berupa jalan batu, jalan tanah yang bumpie dan tidak rata. Beberapa waktu yang lalu suspensi depannya berbunyi “cklak” saat melewati jalan tak rata. Yuk kita bahas solusinya.

Suara “cklak” di sektor depan ini awalnya ngadimin biarkan saja, toh tidak mempengaruhi kinerja suspensi depan. Hanya terdengar risih saja. Dan mungkin itu adalah salah satu penyakit bawaan gsxr150…. Tapi ternyata, makin lama makin sering terdengar, walaupun tetap tidak ada perubahan di handling atau kinerja suspensi. Tidak terasa oleng, atau bantingan suspensi keras. Namun makin risih saja, apalagi jika ada teman yang bertanya…kok bunyi cklak sih?

Akhirnya ngadimin putuskan untuk datang ke bengkel resmi suzuki di bogor. Setelah daftar servis dan saat gilirannya ditangani, ngadimin kasih masukan ke tehnisi, ada suara cklak di bagian depan jika menghantam lubang. Setelah itu ditest langsung oleh tehnisi yang kebetulan ngadimin kenal baik.

Setelah diuji jalan, gipsy danger tidak langsung masuk lagi ke ruang servis, hanya di beranda bengkel, dan tehnisi mengambil sebuah kunci ukuran lumayan besar, ngadimin lihat dari ruang tunggu. ” Diganti Apaan!!?”, teriak ngadimin. Si tehnisi hanya mengangkat tinggi-tinggi kunci baut ukuran besar itu.

Kemudian nampak dia mengencangkan baut homesteer bagian atas ( lingkar warna biru gambar diatas). Ngga ada 2 menit, dia mendatangi ngadimin dan bilang, ” udah kelar, silahkan dicoba”. Weeeekkk…cumak gitu? Ternyata hanya baut homesteer kendor? Dia cuma mengangguk. Setelah itu ngadimin testride, ya hilang tuh suara cklak. Kembali normal sedia kala.

Setelah itu ngadimin datangi bagian kasir dan dikasih bon pembayaran yang tertulis 35.000 rupiah…. Bussseeehhh….. Cuma ngencengin baut homesteer 35.000 rupiah. Ngadimin berkelakar ke tehnisi tadi, ” Loe cumak ngencengin pakek kunci ga ada 2 menit aja guhe harus bayar 35 rebu nih”. Doi hanya ngakak…..Lha itu kan biaya servis di bengkel resmi, kalok datang ke rumah mah kaga bayar….gratis kopi malah… Dia ngakak… :mrgreen:  :mrgreen: .

Jadi buat dulur pemakai gsx150 series atau satria fi yang mengalami suara cklak di bagian suspensi depan, ternyata itu bukan penyakit bawaan, tetapi hanya karena baut homesteer yang kendor. Daripada kena palak 35.000 rupiah, tidak ada salahnya dicek dan dikencangkan ya…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

4 Komentar

Silahkan Beropini