Kecelakaan Tewasnya Nick Hayden, Siapa Yang Salah?

suzuki

Yola dulur yang budiman…. info dadakan dari manca negara. Masih ingatkah dengan insiden kecelakaan pembalap WSBK Honda, Nicky Hayden? Ya… doi meninggal di rumah sakit pasca kecelakaan saat mengendarai sepeda di sekitar Rimini Itali, tertabrak oleh sebuah mobil. Nah kini penyelidikan kecelakaan tersebut telah usai, dan siapakah yang salah?

Semenjak kecelakaan tersebut terjadi, investigasi, penelitian, rekonstruksi bagaimana kecelakaan tersebut terjadi sudah dikebut oleh aparat kepolisian lokal. Dan kini hasil investigasi dan forensik sudah dibuka secara umum untuk publik.

Rekonstruksi kecelakaan dibuat berdasarkan statment dari pengemudi mobil, saksi mata, dan rekaman cctv. Dari hasil investigasi, ternyata kedua belah pihak sama-sama mempunyai kesalahan sehingga terjadi tabrakan. Melalui perhitungan statistik, kesalahan nick hayden sebesar 30%, dan pengemudi mobil peugeot sebesar 70%.

Kesalahan nick hayden adalah tidak berhenti saat memasuki simpangan tersebut, padahal ada tanda rambu lalulintas STOP. Sedangkan kesalahan pihak mobil adalah berkendara dengan cara mengebut. Diterangkan oleh investigator, pak Orlando Omicini, pengendara mobil menabrak nick hayden dengan kecepatan 70 km/jam. Padahal batas kecepatan yang diperbolehkan di jalan tersebut adalah 50 km/jam.

Sedangkan kesalahan nick hayden adalah gagalnya, entah disengaja atau tidak untuk berhenti sebelum memasuki simpangan. Padahal ada tanda STOP, yang berarti menyuruh pengendara berhenti dulu sebelum memasuki tikungan. Walaupun hanya berkecepatan 20 km/jam, namun itu tetaplah sebuah kesalahan. namun kesalahan terbesar adalah si pengendara mobil peugeot. Bukan karena dia mobil kemudian menabrak sepeda, namun jika saja dia berkendara dibawah speed limit, under 50 km/jam, maka akan lebih bisa berkesempatan untuk mengantisipasi, sehingga kecelakaan bisa dihindari.

Sekarang pengemudi mobil sedang proses pengadilan kriminal, jika dinyatakan bersalah oleh pengadilan, maka hukumannya antara 5 sampai 10 tahun penjara. Namun apapun yang akan terjadi nanti, yang jelas tidak akan bisa mengembalikan nyawa nick hayden…. ya toh???

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

2 Komentar

  1. Kalau menurut saya yg paling bersalah y si niki sendiri. Namanya tikungan KALAU itu 1/3 1/4n wajib berhenti. Seandainya mobil melaju pelan tp pengendara nyolong mobil mengerem mendadak bisa” terjadi tabrakan beruntun walau kecepatan cma 50 ini kalau tabrakan sesama mobil y g parah” amat
    Saya rasa dia salah 1 pembalap yg jago d lintasan tp G punya sim

Silahkan Beropini