Benarkah Clutchless Shifting Aman?

suzuki

Yola dulur yang budiman….mengenai oper gigi tanpa harus menekan tuas kopling, atau sering disebut dengan clutchless shifting seperti yang ngadimin lakukan di suzuki gsxr150 beberapa waktu yang lalu, masih menjadi perdebatan. Ya, pro kontra yang libatkan aman atau tidaknya perlakuan seperti itu.

Kekhawatiran soal keamanan memang wajar karena kadang terjadi suara cklak saat miss shifting. Apalagi shifting berhubungan dengan pindahnya ratio gear yangvterbuat dari besi tanpa peredaman tenaga maka sangat beresiko dengan keausan atau keawetan komponen gearbox.

Nah…kebetulan ngadimin mendapatkan sebuah reverensi dari pakar permotoran amerika. Orang bule ternyata juga menanyakan hal yang sama….apakah aman melakukan clutchless shifting? Pindah gigi tanpa menekan tuas kopling.

Yes, it’s all true. Well, it kind of depends on your bike. Some motorcycles with great big flywheels and big gears, like many Harleys and some BMW Boxers, need the clutch – or at least a little clutch – for nearly every shift. Most sportbikes only need you to use the clutch to pull away from stops and for the shift from first to second gear.

Benar….clutchless shifting bisa dilakukan, walaupun itu tetap tergantung dengan jenis motornya. Motor dengan flywheel atau roda gila dan gear yang besar masih perlu sedikit menekan kopling. Ini berarti motor dengan ratio flywheel besar umumnya motor dengan meain tipe stroke panjang, masih butuh menekan kopling. Tapi sebagian motorsport ( overbore) hanya butuh menekan kopling saat start sampai gigi 2 saja.

At slow, around-town speeds, we mostly use at least a little clutch to shift anyway; you don’t need to pull the lever all the way in every time you use it. But if you’re steadily accelerating, and especially at WOT (wide open throttle), you’ll find that after second gear, if you roll the throttle closed just enough to unload the driveline, for just a split second, with your toe pressing on the lever, then third gear will slip right in without using the clutch at all. Fourth, 5th and 6th will slip in even easier since the gaps between them are increasingly smaller. Done smoothly, it’s no harder on your gearbox than using the clutch.

Disaat berkendara pelan, kita masih membutuhkan sedikit tekanan ke kopling. Tidak perlu menekan dalam-dalam, tekan secukupnya saja saat tiap pindah gigi posisi berapapun setelah gigi 2. Saat berakselerasi atau full throttle, kemudian sesat menurunkan rpm secara mendadak kemudian dalam sepersekian detik kaki kita mencongkel tuas persneling atau melakukan shifting, maka gear akan bergeser secara normal. Apalagi saat posisi dari gigi 4 ke 5,6 shifting sangat mulus walau tanpa menekan kopling. Menekan kopling atau tidak menjadi sama saja.

Cluthcless shifting seperti ini jika dilakukan secara halus dan benar tidak akan membebani gearbox….bahkan dibandingkan dengan saat menekan kopling….woilllaaaa…. Jadi aman, sodara-sodara……

So….yang diperlukan adalah berlatih agar clutchless shifting bisa dilakukan secara smooth. Dan ini perlu insting dan pengenalan karakter mesin motor anda. Dan akan lebih mudah dilakukan jika mesin motor anda tipe overbore. Flywheel lebih ringan….

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah lakukan clutcless saat  kondisi oli mesin motor anda masih bagus, syukur-syukur oli dengan kualitas bagus, agar mengurangi wear atau keausan yang terjadi.

Jadi, lakukanlah clutchless shifting, dan silahkan menikmati sensasinya. Syaratnya, motor anda adalah motor sport atau motor laki, jika motor anda metik, yowes cumak bisa muntir gas tok….  :mrgreen: . Dan jangan menekan tuas sebelah kiri, itu rem Lur……  :mrgreen:

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

14 Komentar

  1. Pengalaman pake clutch less pertama kali pas pake Shogun SP 06 jaman kuliah … udah pulang malem, elah kabel kopling putus … yo wes lah di paksa sampe rumah, karena belum terbiasa mungkin … agak gak enak dirasain mak cklak …

  2. 167 tuh siapa om? lucu juga ya motor massprod pake balap gitu, footstep belakang aja masih ada. macem2 banget tekniknya. kebayang serunya

  3. Pengalaman ane sih sering terjadi begini om dheka..masuk gigi 1, lanjut ke 2 dan seterusnya gigi 3..entah kenapa kok perasaan udah masuk top gear atau gigi 4 (pada shogun sp) padahal ane blm oper ke gigi 4 tuh…stlh di chek dg turun rpm dan pindah gigi dari gigi 4 ke gigi 1, eh ternyata benar semua perpindahan sdh dilakukan..aneh..apa yg terjadi dg ini..bahayakah om..terimakasih..

  4. Pertama nyoba clutchless shifting dulu pake motor cb 125 tahun 1975 punya bokap. Itupun gara2 kabel kopling keburu putus waktu mau beli ke bengkel.
    Pengalaman kedua pake gsxs, dari gear 3 ke 4 ke 5 ke 6 smooth semua, asik shifting nya wkwkwkwkwk

  5. Kalo saya malah sering missed gear kang (Shogun FL 125 non kopling), dari baru udah begitu, kayanya saya kebetulan dapet yang agak cacat deh persnelingnya (kayanya part pelatuk shifternya). Jadi kalo tiap oper gigi itu sering/ kadang miss, terutama tiap ngurangi gigi dari gear 4 sampe 1 pasti ada yang miss, ke netral enggak. Tapi karena udah kebiasa jadi tau timingnya. Saya akalin tiap miss saya injek setengah kopling buat mancing baru bisa oper sambil sedikit gantung rpm biar gak terlalu engine brake.
    Pernah ngalamin gak kang?

  6. Nggak masalah kok..
    Apalagi pas memang akselerasi yg tdk terinterupsi, hanya butuh koordinasi gerakan tangan di gas dan kaki di gear lever aja. Dan semakin mulus ketika dilakukan di rpm yg lebih tinggi.

Silahkan Beropini