Akan Hadir Oli SGO Fully Synthetic

suzuki

Yola dulur yang budiman….di acara kopdar addressia di papupa cafe pasar minggu kemarin diskusi utamanya adalah membahas oli sgo yang disampaikan oleh team suplier oli resmi suzuki ( masih ngga boleh dipublish dari vendor oli apa ). Ada bocoran halus, bahwa sgo akan muncul oli jenis premium, yang berjenis fully synthetic….horreeeee.

Pada awalnya sih membahas apa itu oli oem atau oli rekomendasi pabrikan. Diterangkan bahwa sgo sekarang ini adalah oli je is semi sinthetic dengan sae 10-40 api sl jaso MA dan MB untuk skutiknya. Ada juga sgo klasik dengan sae 20-50, namun sekarang direkomendasikan menggunakan sertifikasi terbarunya, api SL sae 10-40.

Dalam penciptaan sgo, vendor oli bekerja sama dengan insinyur suzuki untuk menciptakan oli yang sesuai untuk mesin motor suzuki. Saat riset mesin, mereka sudah terlibat untuk memformulasi spek oli apa yang cocok. Jadi sgo ini diformulasikan untuk khusus mesin suzuki. Walau tidak menutup kemungkinan dipakai motor merk lain.

Dari bisikan halusnya sih, agak ribet ngikutin insinyurnya suzuki, minta spek lebih, dan harus lolos uji lapangan, uji daya tahan saat turing riil. Dan berapa jarak tempuh atau interval drain olinya? Jika berkendara normal tanpa macet, sgo bisa mencapai interval drain sejauh 4000 km untuk motor satria, gsx150 series, dan address. Maklum sudah semi synthetic. Namun jika sering berhadapan dengan kemacetan parah, direkomendasikan tiap 2000 km.

Terus jenis oil base apa kandungan oli SGO? Ini sebenarnya pertanyaan deka saat diskusi terjadi. Mereka hanya bilang ini oli semi sintetik. Dari sekilas penjabaran karakter olinya sendiri sebenarnya ngadimin sudah menebak golongan oil base apa. Dan itu langsung didiskusikan setelah acara selesai, tebakan deka membuat mereka melongo. Yah…hasil sedikit belajar dari dunia perlendiran lah…. Namun mereka bilang off the record ya, soale itu jawaban dari ngadimin sendiri, bukan mereka.

Di ajang diskusi inilah ngadimin mengharapkan adanya oli premium fully synthetic, karena jenis inilah yang terbagus proteksi dan interval drainnya, daripada semi atau malah mineral. Dan ternyata mereka sedang menyebarkan kuisioner. Dari isinya, ngadimin tebak untuk produk terbaru. Mereka mengiyakan, akan ada versi premium dari SGO…..oli full synthetic. Yeah….

Deka sendiri request pengin sae 0w atau 5w, namun ย mereka bilang publik awam masih susah menerima oli 0w atau 5w. Yah…..ngadimin sendiri sudah membuktikan sendiri oli tersebut, namun maklum juga, masih banyak orang awam yang masih termakan dogma-dogma salah tentang oli.

Jadi SGO fully Synthetic….kita tunggu saja kapan brojolnya….. Ssssttt….jika sudah merasakan oli fully synthetic ( yang beneran lho ya ) emoh balik ke semi atau mineral….kita bahas next artikel

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

6 Komentar

  1. Saya pernah pake total hiperf racing yang full synth meskipun harganya terjangkau, tapi memang jempolan. Yang embel-embel full synth seperti federal racing malah serasa seperti oli semi. Berdasar pengalaman pribadi ya.

    motovlog: https://goo.gl/w1UCFr

Silahkan Beropini