Kombinasi Per Shock Depan Revo Absolute Dan Oli Gardan Di Skywave… Pueeennaakkkk

suzuki

Yola dulur yang budiman….kembali ujicoba sesat ngadimin lakukan lagi di metik skywave, sisiwi. Kali ini mengkombinasikan per shockbreaker depan absolute revo dengan oli gardan sae 90. Bagaimana hasilnya? Puenaakk Lur…..

Pada awalnya ada beberapa per shock kandidat dikanibal buat sisiwi yang semenjak keluar pabrik 2008 belum pernah diganti. Pernya sudah lemah, sehingga terasa jedag-jedug jika ketemu jalan bumpy.

Sementara sih diganjal dengan oli gardan sae 90, efeknya, jedag-jedug hilang, ibuk negara yang memakai tidak komplain lagi. Suspensi terasa stabil saat ketemu jalan bumpy, ketemu lubang tidak jedak-jedug. Tapi ngadimin belum puas karena masih ada masukan bahwa menggunakan per jenis lain, akan terasa lebih nyaman lagi.

Kandidat per shock yang bisa dicoba adalah per milik suzuki smash lama dan new shogun yang panjangnya 342 mm. Sayangnya saat mau beli tidak ada konfirmasi apakah itu per shock samsh lama atau baru, karena yang baru panjangnya 372 mm. Ada juga yang menyarankan memakai per shock honda karisma yang panjangnya 357, disarankan dipotong karena panjang per shock skywave hanya 325 mm. Daripada harus memotong, akhirnya per pilihan terakhir adalah milik honda revo absolute yang panjangnya 348 mm.

Instalasi kembali ngadimin pasrahkan ke bengkel AJM, karena ngadimin sendiri “enggak jegos” memasang sendiri. Saat dipasang, tehnisi bertanya, ” umm…ini pernya kepanjangan….mau dipotong tah?” . Aku jawab, ngga usah…tekan saja pakai tutup asnya, memang disengaja biar lebih keras, karena jika dipotong terlalu empuk.

Setelah itu oli juga memakai sae yang kental daripada oli suspensi. Oli yang dipakai adalah oli gardan sae 90. Bodi skywave itu berat, khawatirnya jika memakai per motor seperti honda revo yang lentur itu karakternya akan seperti suspensi honda yang terlalu lembut…… Kurang pas untuk motor berat seperti skywave.

Setelah terinstal, langsung ngadimin tes jalan pulang ke rumah di kampung cirebon. Hasilnya, lebih enak daripada sebelumnya. Redaman suspensi lebih lembut, tapi tidak jedag-jedug. Si ibuk negara yang bawel soal kenyamanan pun sepertinya cukup puas….Enak…. bantingan suspensi depan seperti honda beat karbu nya dulu……

Yoweslah…..kombinasi per shock depan absolute revo dan oli gardan buat skywave ternyata membuat suspensi depan lebih nikmat..seperti suspensinya mobil renault….  :mrgreen: ….lebay…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

8 Komentar

Silahkan Beropini