Cara Membuat Suara Knalpot Gsx-R150 Ngebass Merdu Anti Berisik Ala Abenk

suzuki

Yola dulur yang budiman….seperti yang ngadimin ceritakan di artikel kemarin, bahwa si gipsy danger suzuki gsxr150 ingin melakukan gurah, alias operasi knalpot agar lebih bersuara dan enak didengar. Semua pengerjaan agar suara knalpot gsxr150 bersuara ngebass adem, ngadimin serahkan ke Abenk racing muffler.

Soal suara knalpot motor, ngadimin termasuk aliran eargasm….menikmati suara yang keluar dari knalpot. Bukan yang asal berisik ya, justru itu ngadimin benci. Itulah kenapa ngadimin memilih bobok knalpot original, karena bahan knalpotnya bagus, tebel, dan cukup meredam suara. Soal kenaikan performa bukan sasaran utama, dan itu yang ngadimin minta ke umm abenk.

 

Bikin suara ngebass, adem, merdu, tapi tidak berisik. Masih aman buat warga, tidak mengganggu pengendara lain, justru memberitahu keberadaan kita dengan suara motor. Dan yang penting relatif lebih aman dari oknum aparat polisi yang ambigu dalam penegakan aturan.

Setelah janjian sehari sebelumnya, maka hari minggu siang capcus ke abenk muffler. Cukup menunggu lama karena antrian banyak. Dan ngadimin amati, agak beda dengan bobok knalpot di tempat beda sebelumnya. Ini knalpot dilepas dan dibawa masuk ke ruang operasi. Entah diapain ngadimin nggak tahu. Dan yang pasti pengerjaannya jauh lebih lama dari pengalaman deka sebelumnya. Ini menandakan pengerjaannya cukup detail dan sungguh-sungguh.

Setelah sekian lama menunggu, gurah knalpot si gipsy danger kelar. Sesuai dengan permintaan ngadimin, tidak ada perubahan bentuk di knalpot, hanya moncongnya yang double barrel menjadi single barrel besar ala knalpot racing, namun masih ditutup cover moncong muffler gsxr150 yang berwarna silver itu.

Setelah ditest suara, deka cukup puas dengan hasilnya. Memang sesuai permintaan, suara ngebass, empuk, pulen tapi tidak berisik. Saat dicek rpm iddle tidak ada perubahan, sekitar 1500 rpm. Saat dites putaran mesin, tidak ada gejala brebet. Wajar-wajar saja.

Saat gas dibetot, suara knalpot tidak tambah berisik, hanya suaranya saja lebih rapat. Sori….bukan selera knalpot blar…blar…justru suara seperti ini yang ngadimin inginkan. Walaupun abenk sangat bisa membuat knalpot yang bikin kaca jendela bergetar. Salut, karena bisa membuatnya sesuai keinginan konsumen…namanya juga custom…ya nggak?

Seperti di awal tadi, ngadimin hanya ingin suara saja, karena secara performa gsxr150 ini sudah lebih dari cukup untuk ngadimin. Namun ternyata sama umm abenk dikasih bonus…… Tarikan awal lebih responsive, lebih galak. Ngadimin mau bilang kenaikan performa, entar dimintain data dynotest…jadi cukup ngadimin bilang rasanya jauh lebih enteng, licin, dan galak….

Dan ada efek lainnya, back torque mesin menjadi lebih halus lagi. Ini berarti enginebrake berkurang, gaya riding perlu disesuaikan dikit nih. Saat pulang hampir saja menyerempet mobil gara-gara ini. Biasa towel rem dikit, ini perlu agak lebih dalam karena enginebrake berkurang….

Entah apa yang dilakukan di knalpot gsxr150 ini, namun terimakasih banget bonus yang menyenangkan ini. Jadi tambah galak aja nih gipsy danger.

Berikut ini rekaman video suara knalpot gsxr150 yang sudah digurah oleh abenk muffler…. 2 video sekaligus….cekidot…pakai headset ya, biar suara bass aslinya muncul…

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

7 Komentar

  1. paling aman emang ky gini, knalpot ori dibobok. soalnya kalo pake racing/aftermarket , walaupun suara masih dibawah batas db tetep jd alasan tilang

Silahkan Beropini