Etalase Jualan Sukses Suzuki Sebenarnya Sudah Ada Di Inggris Dan Amerika…Kenapa Ngga Dicontoh?

suzuki

Yola dulur yang budiman…sebenarnya ngadimin itu enggan bahas penjualan motor pabrikan, karena ngadimin yakin pihak pabrikan sudah punya jajaran divisi marketing yang joss “kompreng mbledhos”. Lagian ngadimin juga bukan lingkaran dari pabrikan, namun karena kebetulan kok banyak kenalan dari lingkup suzuki, nggak ada salahnya sumbangsih usul.

Kompleksitas meningkatkan penjualan motor level corporate jelas lebih rumit dibandingkan level dieler atau distributor. Level corporate harus memikir soal hubungan dengan vendor, pengadaan line produksi, anggaran biaya, dan yang paling penting maintenance ambang batas distribusi dalam satu tahun. Meningkatkan penjualan berarti harus memikirkan kenaikan produksi. Jika menaikkan produksi, maka penjualan dalam 1-2 tahun kedepan juga wajib meningkat….kenaikan produksi harus sinkron dengan kenaikan penjualan tiap dilernya….. Jika timpang, siap-siap untung jadi buntung.

Buat pabrikan suzuki mempertahankan penjualan bulanan tidak lebih mudah daripada honda atau yamaha, bahkan lebih sulit. Bukan soal produknya, tapi brand image nya yang menjadi sebuah target yang harus dicapai. Produk bagus, buat suzuki masihlah belum cukup jika ingin menaikkan penjualan tiap dilernya. Semua sisi harus lebih dibandingkan yamaha atau honda. Jika hanya dari sisi produk dan harga, 2 pabrikan india sudah menjadi contoh sahih galaknya pasar motor disini.

Untung suzuki masih punya brand “jepang”. Tinggal menaikkan kadar tawar pelayanan di tiap dilernya. Boleh saja dilernya lebih sedikit, namun jika pelayanan dan keseragaman SOP, harga sparepart seragam, tentu bisa menjadi alat tawar. Secangkir kopi, teh manis, cemilan,ruang tunggu yang nyaman memang sepele, tapi itu bisa membuat pembeda yang besar.

Kemudian its oke, harga jual motor suzuki memang termurah….jika cash. Bagaimana dengan sistem kredit? Jangan salah kaprah ya Lur, penjualan suzuki di Inggris dan Amerika itu termasuk laris banget. Dan apakah para bule tersebut beli secara cash? Wooo……ngga beda jauh ama kita…..beli kredit mbessss……

Dan salah satu faktor yang bikin laris di Inggris dan Amrik tersebut adalah kemudahan pinjaman atau kredit motor suzuki. Bahkan hampir tiap bulan ada promo potongan kredit. Walaupun kredit, tapi selisihnya lumayan dibandingkan motor lainnya. Sudah built quality bagus, kredit termurah…opo ora nyamleng?

Bagaimana dengan dimarih? Itu bisa menjadi etalase percontohan. Kredit adalah kekuatan utama jualan motor sekarang. ” Tingkat bunga” sudah dihitung oleh calon kreditur. Harga cash lebih murah tapi tingkat bunga lebih tinggi? Kebanyakan sih akan mlengos…melirik ke sebelah.

Ya….tingkat bunga memang sensitif…..harus pandai-pandai bilang……tingkat bunga kita tidak lebih tinggi dari yang lain…..seperti di Inggris dan Amrik.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

1 Komentar

Silahkan Beropini