Inilah Suzuki Burgman Berbahan Bakar Hidrogen

suzuki

 

 

Yola dulur yang budiman….dapat info dadakan lagi, kini suzuki bekerja sama dengan kepolisian Inggris sedang mengetes 7 metik suzuki yaitu suzuki burgman. Bukan sembarangan metik, namun burgman ini berbahan bakar hidrogen….weh….

Suzuki burgman berbahan bakar hidrogen ini akan dites selama 18 untuk patroli polisi dan digunakan di berbagai karakter hujan, dari panas sampai hujan. Tentu berhenti saat musim salju ya….berbahaya. Selama 18 bulan akan diuji soal daya tahan, emisi, kestabilan konsumsi bahan bakarnya. Semua akan dicatat datanya.

Pengujian burgman berbahan bakar hidrogen ini juga sebagai salah satu usaha untuk mewujudkan kendaraan yang clean, atau bersih secara emisi. Bahan bakar hidrogen, lebih awamnya adalah berbahan dasar fuellcell. Hasil emisi fuelcell adalah H2O… Hasil dari pembakaran H+O2= air. Jadi dari moncong knalpot bukan keluar asap tapi tetesan air.

“We are thankful to Suzuki and our partners and look forward with optimism about this innovative and groundbreaking trial. Through collaborative partnerships and innovative testing such as this, we can gain real-life experience of how we can progress our ambition and create a cleaner fleet that will benefit London and the service we provide.”

Komandan kepolisian London mengucapkan terima kasih kepada suzuki dan partner pengujian mereka, Mereka sangat optimis dengan hasil pengujian yang inovatif dan menggemparkan ini. Pengujian ini juga untuk merasakan langsung pengalaman membuat sebuah progress dalam mewujudkan kendaraan yang bersih dan bersahabat dengan kepentingan kota London.

Pihak suzuki sendiri juga punya kepentingan di pengujian ini. Mereka butuh pengujian lapangan secara longterm dan membutuhkan data penelitian. Feedback atau masukan saat pengujian juga sangat penting. Suzuki sendiri memang sedang punya proyek kendaraan bermesin zero polutan.

Suzuki GB Managing Director, Nobuo Suyama, expressed his gratitude to the fleet trial partners, saying, “Suzuki are extremely honoured to be able to showcase the Burgman Fuel Cell and gain valuable feedback from this important trial with the Met. Operational data from the trial will be gathered and used to support Suzuki zero emission vehicle development programmes.”

Nah….jika uji ini berhasil, bukan mustahil akan menjadi produksi masal dari pabrikan suzuki. Bahan bakar hidrogen adalah tehnologi yang sangat dekat dengan tehnologi mesin internal combustion sekarang. Hanya menambahkan reaktor hidrogen saja, sedangkan daleman mesin sama persis dengan mesin bahan bakar bensin. Eh ngomong-ngomong, di sini juga sudah dimulai lho penggunaan fuelcell, walau hanya sebatas tambahan saja, belum murni 100%fuelcell…bahkan ngadimin sendiri pernah melakukan uji dengan membuat reaktor hidrogen sendiri di motor.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Silahkan Beropini