Review GSX-S125 MCN, Sama Dengan Deka : Lebih Dari Sebuah Motor Commuter

suzuki

Yola dulur yang budiman….membaca review media MCN tetang suzuki gsx-s….lha kok sama dengan pemikiran ngadimin soal motor nakednya suzuki tersebut ya? Suzuki GSX-S itu bukan motor commuter biasa…tapi lebih dari itu. Agak beda dengan motor naked seperti cb150 atau vixion.

Di artikel lampau, setelah mencoba dan memahami desain dan karakter gsxs150 ngadimin bilang, ini bukan motor commuter biasa, tapi seperti motor mainan dimana motor akan memanjakan rider solo daripada tandem. Walaupun tandem juga ngga harom, tapi lebih asyik dinikmati sendiri.

Suzuki GSX-S150…..Apa Yang Kamu Tawarkan

Menurut MCN, ada beberapa faktor yang membuat GSX-S125 lebih dari sebuah motor kommuter. Faktor-faktor tersebut adalah

Mesin

Walaupun motor naked kecil, namun motor ini dibekali dengan mesin yang bisa meraung sampai 13.000 rpm, redline 11.500 dohc overbore. Dengan karakter mesin seperti ini, gixxes kecil bebas anda betot gasnya karena power delivery nya linier. Di gigi 2 jalan bisa jalan 60 km/jam, oper gigi 3 dan betot gas mentok, maka speedo akan menunjukkan angka 120 km/jam dengan mudah…..

Respon throttle juga sangat menyenangkan karena memakai sistem light throttle yqng sangat enteng diplintir. Gsx juga dibekali dengan sistem kopling yang empuk dan enteng, tinggal “NIL” pindah gigi secara enteng. Motor ini juga punya balance yang bagus banget. Kontrol power saat low rpm sangat mudah dan gampang mengail power diatasnya……

Handling

Nyaris sama dengan versi “R” nya, suspensi depan belakang nampak mewah, sangat bagus meredam benturan, tapi tidak begitu stiff. Tidak terlalu keras pun tidak terlalu empuk. Saat buat melahap tikungan-tikungan terasa stabil tanpa adanya efek mengayun.

Dengan ground clearence yang sekarang, gsxs126 memberikqn kebebasan, fleksibel untuk lebih memiringkan motor saat menikung. Cengkeraman ban Dunlop D 102 begitu pas untuk menghadapi cuaca kering atau hujan. Lebih dari cukup untuk menghajar semua kondisi jalan, kering atau basah.

Kemampuan menikung, manuver saat dikeramaian juga diacungi jempol. Mudah ditekuk-tekuk karena stang sangat ringan, menikung 40° dengan mudah dilibas.

Daya Pengereman

Dengan bekal rem ABS Bosch, kemampuan rem gsxs lebih dari cukup untuk menghadle kecepatan motor kecil ini. Tidak terasa efek membuang saat pengereman. Yang mengasyikkan efek engine brake minim saat clutchdown. Ini membuat kontrol traksi ban saat downspeed sangat terbantu.

Product Quality

Gsx-S125 terasa seperti motor yang berkualitas, lebih dari rival-rivalnya…finishing sangat bagus. Motor nampak agressive dan modern. Walaupun bagian fascial tidak semua orang suka, namun semua nampak menyatu dengan desain bodi dan kompak. Walaupun kemampuan suspensi depan sangat bagus, namun karena masih teleskopik maka secara visual menjadi biasa. Andaikan suspensi USD maka akan nampak lebih gagah ( di marih udah diakali murah meriah…cover usd shock depan  :mrgreen:  :mrgreen: ).

Kesimpulannya, motor ini sangat mirip dengan gsxr, tapi punya keunggulan soal kelincahan di kecepatan rendah, serta lebih nyaman. Motor yang menyenangkan untuk melibas keramaian kota….emang motor mainan…

Price £3699 (£3799 for MotoGP colours)
Engine 124.4cc single cylinder DOHC
Frame Aluminium twin-spar
Seat height 785mm
Suspension Telescopic, coil spring, oil damped (front). Link type, coil spring, oil damped (rear). No adjustment.
Front brake Single wavy disc, dual-piston caliper 
Colours red and black, black and MotoGP livery
Available October

Power [email protected],000rpm
Torque [email protected]
Kerb weight 133kg
Tank capacity 11 litres

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

2 Komentar

Silahkan Beropini