Review Motorcyclenews.com GSX-R125: Murah Mewah

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Media motorcyclenews.com UK menjanjikan akan mereview seharian motor sport learner dari suzuki, gsx-r125. Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya nongol juga artikelnya. Berikut ini terjemahan bebas ala ngadimin dari media motor terkenal asal inggris tersebut…. Murah dan mewah.

Setelah lama tidak memasarkan motor sport learner 125 cc, suzuki hadir dengan gsx-r125. Sudah cukup jompo menunggu suzuki hadir di kelas ini, sejak peluncuran RG125, two stroke di era 80-90an.

Membawa nama besar klan GSX-R, motor ini menyasar learner atau pemula merasakan sensasi full sport di awal-awal pengenalan sebuah motor. Market yang banyak disasar oleh pabrikan jepang dan eropa.

ENGINE

Secara mengejutkan, suzuki memberikan jantung dari sebuah motor dengan mesin yang sangat halus. Mesin 124,4 cc dual overhead camshaft, single silinder memproduksi 14,8 bhp. Untuk ukuran mesin kubikasi imut, mesin ini cukup maut, power delivery sangat smooth, linier. Membuat pengendara bebas membetot gas di semua range rpm.

Akselerasi motor ini lebih dari cukup untuk ukuran motor kecil. Sumbangsih utamanya dari curbweight yang hanya 134 kg, membuat motor lincah untuk selap-selip diantara kepadatan jalan raya, dan sekali-kali ngebut di jalan kosong. Gsx-r125 sangat ideal untuk melakukan hal tersebut.

Setelah sekian lama gaspoll uji coba di sirkuit area silverstone, konsumsi bahan bakarnya secara mengejutkan ternyata irit banget. Dari indikator konsumsi bbm di dashboard menunjukkan angka 69,5 mpg atau mil per galon. Atau 31, 5 km/liter…lha kok segitu? Ingat….ini pakek gaya full throttle, sehingga capaian ini dibilang menakjubkan.

 

RIDING QUALITY

Soal riding quality, gsx-r125 ternyata juga cukup menakjubkan, buat rebahan, terasa “firm” dan mewah. Hal ini membuat pede saat harus kneedown saat test cornering. Walaupun rasanya firm atau stiff, namun cukup nyaman saat melibas jalan tak rata atau potholes, khas jalanan british. Suspensi dianggap cukup memuaskan untuk kelas entry level.

Soal pengereman, gsx-r125 yang dibekali dengan seperangkat pengereman dari bosch, yaitu single wave, 2 chanel bosch abs sistem. Rem abs ini memberikan daya pengereman yang meyakinkan. Rem belakang juga cukup mumpuni saat dipakai tandem ( boncengan ), namun harus dikombinasi dengan rem depan.

AURA SPORT

Dengan mengaplikasi stang underyoke, gsx-r125 memberikan aura sport pure, posisi riding agresif tanpa menghilangkan rasa tak nyaman. Meskipun underyoke, tapi tinggi clip masih cukup normal, sehingga tidak meninggalkan rasa tidak nyaman saat dipakai harian.

FINISHING QUALITY

Inilah cirikhas utama suzuki menurut media inggris tersebut. Finishing suzuki nampak mewah, pengaturan dashboard yang rapih tanpa juntaian kabel berlebih membuatnya nampak seperti produk yang berkualitas. Apalagi sentuhan cat bodynya…nampak mewah, premium, identik dengan klan gsxr di semua kubikasi.

Bonus keyless sistem di gsx-r125 ini juga mendapatkan pujian karena baru kali ini motor kelas learner yang dilengkapi dengan keyless system. Motor nampak mewah, dan jauh lebih aman daripada kunci konvensional.

Bagimana dengan harganya…. Jangan kaget, si Inggris motor imut ini dibandrol dengan harga 4000an pound atau sekitar 60 jutaan lebih sedikit. Woow…dapet kelas 250 cc dimarih. Tapi ternyata harga segitu dianggap lumrah, karena motor sekelas lainnya juga di rentang harga itu… 4000-5000 pound.

The GSX-R125 Stats

Price £3999 (launch price) GP colour scheme is £4099

Engine 124.4cc single cylinder

Frame twin spar aluminium frame

Seat height 785mm

Suspension Telescopic, coil spring, oil damped (front). Link type, coil spring, oil damped (rear).

Front brake Single wavy disc

Colours Black and red, white and red and MotoGP colours

Available October

Power [email protected],000rpm

Torque [email protected]

Kerb weight 134kg

Tank capacity 11 litres

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

1 Komentar

  1. Pertamax 😁… Bule aja seneng yg notabene seleranya lebih berkelas (kayaknya😁) kalau buat gue murah berkelas inovasi keyless bakalan ditiru sama tetangga sebelah…#salamjengat

Silahkan Beropini