MotoGP Silverstone 2017 : Hemat Pangkal Menang

suzuki

Yola dulur yang budiman….kebetulan bisa nonton siaran motogp karena aktivitas hari minggu selesai maghrib tadi. Daripada ngowoh, mending streaming siaran motogp. Balapan sirkuit negerinya Mr. Bean ini murni balapan di cuaca terik, tidak ada unpredictable weather. Hampir semua pembalap top menggunakan kompound hard depan belakang, kecuali vinales yang menggunakan soft compound di rear wheel. Jadi jalannya balapan seperti adu mempertahankan kekuatan ban….. hemat pangkal menang.

Dari lampu start hijau menyala sampai 10 lap menjelang finish, balapan datar-datar saja, dengan mbah Rossi sebagai kabaret karnaval. Barisan depan membalap dengan style standard, tidak terlalu ngoyo. Mereka sepertinya menjaga ritme balap agar ban yang dihajar oleh panasnya aspal sirkuit silverstone bisa  bertahan sampai lap-lap akhir. Sang kabaret sendiri tidak bisa memimpin dengan selisih waktu aman, antara 0,8-1 detik saja.

Ketika lap tinggal menyisakan 10 putaran, baru terlihat duel-duel serta tekanan ke barisan depan. Rossi yang dari awal meimpin mulai tertekan oleh pembalap-pembalap belakangnya. Strategi meninggalkan pembalap dari awal lap tidak berhasil karena tidak menyisakan selisih waktu yang signifikan, lebih dari 2 detik. Begitu compund ban mulai habis, ancangan dari dovi dan vinales begitu nyata. Sebenarnya jika marquez nggak mengalami mesin mbledoz bin ngowozzz, ngadimin yakin akan menjadi kandidat juara. Terlihat dari gaya balapnya yang tidak agresif dari awal start.

Pada 7 lap akhir, mesinnya ngowoz, asap putih keluar dari moncong knalpot, tanda kerusakan parah di bagian combustion chamber….. tamat sudah di seri silverstone. Setelah marc off, dovi mulai mengganas, hasil tabungan compound bannya doi habiskan di 7 lap akhir, vinales dan rossi doi kangkangi di 3 lap menjelang finish. Berbeda dengan rossi yang sudah tidak punya tabungan.

Yang hebat justru vinales…. dengan ban belakang soft doi mampu menabung begitu banyak kemampuan ban sampai akhir balapan. Ini tanda style mengendarai motornya smooth, mengalir tanpa menghabiskan permukaan ban. Puncaknya doi bisa mengasapi senior team matesnya, dan mengantarkannya podium 2. Sedangkan rossi ke-3. Wew….. selamat buat Dovi… anda hebat musim ini.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

2 Komentar

  1. Tul mas deka hehe..manage ban 04 dan 25 sgt baik skali.
    Seperti kata casey utk gp17..pandai2lah menjaga keausan ban..
    Selamat utk dovi..
    Klu utk marc ?? Stlh tdk bbrp lm mencetak lap time tercepat
    Dr vinales..mesin pecah
    Asumsi ira scr pribadi : over push/performa ­čśü#cmiiw

Silahkan Beropini