Taahh… Etaaa…. ( Balada Darmogati )

suzuki

Yola dulur yabg budiman….kisah darmogati kali ini menceritakan tokoh imajiner kita ini menjadi penasehat spiritual raja di sebuah kerajaan sunda kuno. Apa yang diucapkan oleh darmogati itu seperti titah, saking percayanya sang raja kepada penasehat spiritualnya.

Karena seorang penasehat spiritual, maka darmogati sangat menjaga tutur katanya. Bahkan omongannya ketika serius banyak memakai kata-kata simbolik. Ada maksud dibalik kata-kata perumpamaannya. Karena petuah-petuahnya sangat manjur dan seperti bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang. Makanya darmogati menjadi penasehat yang paling dipercaya dan disayang oleh sang raja.

Namun sudah beberapa hari darmogati tidak nampak batang hidungnya di paseban istana. Ini membuat raja resah. Maka sang raja menitahkan hulubalang dan beberapa menteri untuk menengok ke kediaman darmogati dan melihat ada apa gerangan. Kelompok yang berjumlah 5 orang dan satu dayang sebagai pelayan kebutuhan konsumsi mereka bergegas ke rumah darmogati.

Rumah darmogati sepi, hanya ada pembantu yang mengurusi kebersihan rumahnya yang sudah renta. Maklum, karena posisinya sebagai penasehat spiritual raja, justru membuat darmogati menjomblo. Banyak yang mensucikan darmogati, sehingga para orang tua menjadi ragu jika anak perempuannya menikah dengan darmogati. Khawatir mengotori jiwa darmogati, hatinya jadi keruh dan terawangannya menjadi bias….membahayakan keputusan raja.

Rombongan 4 menteri dan satu hulubalang raja sampai ke kamar darmogati. Si penasehat spiritual ini terbaring lemas. Walaupun tidak nampak pucat, namun wajahnya nampak lesu, sorot matanya sayu seperti orang kehilangan semangat. Ketika ditanyapun jawaban dari mulutnya terdengar lirih.

Hulubalang : Ki darmo, raja sangat mengkhawatirkan keberadaanmu, raja sudah kangen beberapa hari tidak didampingi olehmu, seperti ada yang hilang.

Darmogati : ya…aku juga menyayangkan hal ini, tapi mau bagimana lagi, aku sedang sakit misterius, semua tubuhku lemas, pikiranku meracau kemana-mana, tidak ada semangat sedikitpun di dalam dadaku, entah hilang kemana.

Hulubalang : kondisimu sungguh mengkhawatirkan Ki? Apakah tidak ada obat untuk menyembuhkanmu?

Darmogati : dalam tidurku, aku selalu bermimpi ditemui oleh maung penunggu hutan belakang kerajaan. Dia mengatakan bahwa penyakitku sembuh jika disajikan sebuah daging. Dia tidak bilang daging hewan apa, namun itu adalah daging eksotik, petunjuk yang aku dapat, dagingnya kecil, paling hanya sekepalan tangan. Baunya amis, mengingatkanku akan peyeum. Namun jika disajikan, menjadi hidangan yang nikmat luar biasa. Setelah menyantapnya, badan menjadi segar bugar, semangat menyala-nyala. Kira-kira daging hewan apa ya?

Rombongan kecil itu kemudian berdiskusi, kira-kira daging hewan apa. Mereka saling menduga-duga hewan eksotik apa kiranya di mimpi itu. Ada yang bilang daging cendrawasih, daging kalong bule, daging harimau putih, daging kuda bercula, daging menjangan mas bertotol 78, serta hewan-hewan eksotis lain. Namun semua jawaban mereka belum ada yang membuat hati si penasehat bergetar tanda ada petunjuk. Darmogati hanya menggeleng lemah mendengar jawaban-jawaban mereka.

Hulubalang yang sudah menyerah mengeluh : Duh dewa…kira-kira daging hewan naon yeuh…. Dewa batara…eta terangkanlah….

Disaat mereka sedang mengerumuni darmogati di mencari jawaban daging hewan apa, dayang yang dari tadi bersimpuh di belakang pintu kamar tiba-tiba berdiri. Kemudian dia melucuti pakaian bagian bawahnya sampai tak ada kain yang menempel sambil menghadap ke arah darmogati. Aksinya diperhatikan oleh darmogati yang tertidur lemah. Tiba-tiba darmogati menunjuk lemah ke arah dayang sambil bilang…. Tah….eta…….terjawab sudah petunjuk mimpi itu…eta…eta…..tah etaaaaaa….

Salam enteng-entengan

Wassalamualaikum

2 Komentar

Silahkan Beropini