Cara Mudah Bikin Nyaman Riding Position GSXR150, Bonus Nambah Keren

Yola dulur yang budiman….meskipun dari pihak Suzuki sudah mengatakan bahwa ergonomi gsxr150 adalah racing mode, alias nunduk habis, setang underyoke serta bokong nonggeng, banyak yang kurang sreg dengan ergonomi racing tersebut.

Publik motor dimarih itu kadang emang gampang-gampang susah. Dulu sebelum ngetrend motor sport full fairing, banyak yang mengidam-idamkan motor ala racing. Namun begitu dikasih motor kek R15 atau gsxr150 pada ngeluh sakit pinggang…  :mrgreen: .

Ini juga termasuk ngadimin….kalok cumak buat rolling city sih masih kuat jalan 50-60 km. Itupun telapak tangan sudah mulai kebas, kalok ndak, paha atas terasa pegal karena mengepit kuat tangki motor. Tapi itulah konsekuensi motor underyoke.

Nah bagi yang ingin lebih nyaman dan nyantai saat mengendarai gsxr150, ada cara agar riding position sedikit berubah. Caranya adalah dengan merubah stang dari underyoke ke upperyoke, seperti kepunyaan cbr150. Ngga perlu ribet, tinggal datengi diler, minta setang dipindah diatas yoke…. Selesai sudah…..

Dengan ubahan seperti ini,riding position sudah terbantu daripada defaultnya. Namun karena posisi stang dipindah diatas yoke, otomatis ketinggian bagian depan juga lebih turun, motor jadi lebih nungging bagian buritannya. Untuk merubah stang diatas yok, tinggi shock depan susut sekitar 2,5 cm an. Badan masih agak tertumpu ke depan.

Dengan turunnya shock sebesar 2,5 cm, secara visual motor juga nampak lebih enak dipandang mata. Kenapa? Karena posisi ban menjadi lebih mepet ke bodi, bagian depan menjadi nampak lebih padat….secara estetika lebih keren.

Dengan makin nunggingnya bagian belakang, jika anda ingin mengembalikan ke posisi semula maka perlu part asesoris tambahan….Lowering kit… Ya…part ini secara signifikans bisa menurunkan tinggi groundclearence, sehingga kaki lebih nyaman untuk menapak untuk dingkliker seperti deka. 

Karena bagian belakang yang diturunkan oleh lowering kit, maka yang sebelumnya lebih nungging, menjadi sama persis dengan desain awalnya. Posisi turun 2 cm diimbangi oleh turunnya shock depan tadi….Nunggingnya jadi proporsional.

Dengan kombinasi Lowering kit belakang dan merubah stang menjadi upper yoke, posisi riding menjadi lebih tegak…lebih santai. Nah….ini baru cocol dengan gaya riding ngadimin….lebih santai buat harian….

Bonusnya, motor menjadi lebih kompak padat karena lebih ceper…. Bikin ngadimin tambah suka dengan tampilan gsxr150 versi seperti ini.  Walaupun groundclearence diturunkan sekitar 2 cm, namun sejauh ini belum pernah gasruk walau lewat polisi tidur. Lowering kit silahkan beli ke sellernya ( ngadimin ngga mengendorse ya…ngadimin beli, ngga dikasih ). Harga antara 150-200k rupiah.

So….dengan sedikit modifikasi, riding gsxr150 menjadi lebih nyaman dan lebih mengasyikkan buat santai….mirip-mirip city  sport bike…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum.

 

5 Komentar

Silahkan Beropini