Kerjasama Norton-Zongshen…..Hanya 1 Mesin

Yola dulur yang budiman….industri otomotif, khususnya motor china memang punya potensi besar. Jika masih dianggap remeh oleh pasar global, minimal pasar dalam negeri china tetaplah besar. Namun ada ruang kosong yang belum terselesaikan oleh industri motor china….inovasi dan inventarisasi patent. Makanya zongshen mengajak kerjasama dengan norton, walaupun hanya 1 mesin saja.

Kekuatan industri china kebanyakan adalah kemampuan dalam hal meniru. Mereka seperti punya bakat luar biasa dalam hal mengamati dan meniru, kemudian mencetaknya sendiri. Dari mulai kualitas abal-abal sampai nyaris sama dengan aslinya.

Kelemahan dalan hal inventory, diakali dengan membeli hak patent dari pabrikan lain. Dalam kasus ini adalah mesin norton 650 cc, dari pabrikan motor inggris yang secara quantitas global ya termasuk minoritas. Hal ini menuai reaksi beragam dari publik motor, khususnya inggris dimana nasionalisme masih kental. Mereka khawatir image ningrat norton jadi luntur.

Reaksi tersebut mendapatkan jawaban dari CEO Norton, mr Stuart Garner.

“Well we’ve got all the pub experts jumping on and saying we’ve sold out to China, which is absolutely not the case,” says Garner. “It’s actually the reverse. We’ve been developing the 650cc platform for ourselves and after speaking to Zongshen, we’ve completely separately developed a low performance engine. The engine is designed to be cheap and mass-produced, with use only in the Asian region or perhaps South America… This engine and bike are not coming to Europe.”

Para pengamat kacangan ( bahahaha…  :mrgreen:  :mrgreen: ) seringnya punya konklusi melompat-lompat. Mereka kira norton dijual ( ambil alih ) oleh china, padahal sebaliknya. Kita mengembangkan mesin 650 cc, dan setelah negosiasi dengan pihak zongshen, kita mengembangkan versi lain dari 650cc secara terpisah. Versi yang low performance, tapi bisa diproduksi secara masal dan murah. Asia akan menjadi basisnya, dan bisa jadi afrika selatan juga. Yang jelas motor dan mesin ini tidak akan dipasarkan di eropa.

Bahkan mesinnya 100% berbeda, merknya pun tidak akan memakai Norton. Norton hanya membuat lisensinya saja ke zongshen. Tujuannya agar zongshen punya mesin dengan standar euro4. Dimana aturan euro4 juga akan berlaku global. Di lain sisi, ini juga sangat penting untuk bisnis norton sendiri. Dan kemudian mesin yang bakal dikembangkan adalah berjenis inline 4…karena bisa menjadi basis pengembangan kelas 1000 cc tanpa banyak rubahan komponen.

Bayangkan saja, kerjasama selama 20 tahun, tiap mesin yang diproduksi oleh zongshen, norton akan mendapat royalti dari  lisensi tiap mesin tersebut. Dan potensi zongshen selama 20 tahun bukan cumak ribuan, tapi jutaan motor…apa ngga kipas-kipas pounsterling tuh norton…. 😀

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Silahkan Beropini