Keunggulan Mesin Honda Menurut 78deka.com

esp engine
suzuki

Yola dulur yang budiman…..ngomongin motor honda tentu ngga akan kauh dari sektor mesin. Bole saja banyak yang bilang bodi geter, bodi tipis, cat kulit ari….tapi soal mesin, honda punya karakter kuat. Dan memamg disitulah keunggulan utama motor honda, minimal dari sudut pandang ngadimin.

Selama ngadimin mengendarai motor honda yang berumur muda, baik metik atau bebek, karakter mesin honda terasa sekali. Suara mesin lebih padet, tidak ampang. Jika sudah jalan suara dan vibrasi halus sekali. Soal irit bbm, dari dulu juga honda juga terkenal irit kan?

Mencari alasan kenapa mesin honda kok bisa halus dan padet tadi, setelah browsing kesana kemari minimal ada ada satu clue, petunjuk kuat. Melihat spesifikasi oli oem yang ber sae 30…. Disaat pabrikan jepang lainnya masih 40… Dipastikan celah antar komponen mesin honda lebih rapat.

mesin honda

Ya….mesin honda gap antar komponen lebih rapat, lebih presisi, termasuk ide lama offset silinder itu untuk mengurangi friksi. Jika mesin lebih rapet maka spek oli yabg dibutuhkan jelas oli lebih modern, lebih encer, karena kerapatan antar komponennya. Karena celah antar komponen sempit, maka friksi juga minim. Ujung dari friksi minim, panas yang dihasilkan juga lebih sedikit…. Sae 30 cukup, tidak perlu 40 atau 50….otomatis daya kerja mesin jadi lebih enteng.

Karena kepresisiannya itulah mesin honda terasa halus-halus. Taroklah….kualitas komponen motor honda sama levelnya dengan merk lain, tipikal penggunaannya sama maka dipastikan akan lebih awet….kalok lho ya…kalok…..kenapa? Karena dengan kepresisian komponen, friksi berkurang…..aus lebih lama….jadikan awet mesinnya.

Namun yang namanya presisi, celah rapat itu juga seperti pedang bermata dua. Semua yang terlibat juga harus presisi, termasuk penggunaannya harus benar-benar memperhatikan anjuran pemakaian. Makanya ahm galak soal aturan garansi. Ingat, presisi itu mengurangi celah kesalahan, berbeda dengan yang lebih longgar, maka mesinnya juga sedikit lebih toleran terhadap kesalahan….see?????

vario 110

Presisi itu berarti chain reactionnya lebih cepat… Baik atau buruk lebih cepat. Jadi….rawatlah mesin honda anda sesuai dengan rekomendasi pabrik, gunakan sesuai rekomedasi pabrik, jangan pecicilan. Maka kelebihan dari mesin rapatnya honda akan anda nikmati dalam jangka waktu yang lama.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

11 Komentar

  1. Nggak setuju. Honda beat saya dikasih oli oli AHM MPX2 10W30 suara mesin justru kasar banget. Nggilani. DIberi oli 10W40 suara jauh lebih senyap dan malah lebih kencang.

    Mesin Honda matik itu kualitasnya dibawah Honda Thailand. Oli lebih encer itu perlindungannya kurang. Kalau dipaksakan maka selain suara mesin berisik tenaga jadi berkurang.

    Cocoknya oli yang mengandung ester. Atau kalau mau irit, ditambahi minyak kelapa sawit. Jangan pakai

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/10/13/uji-akselerasi-honda-beat-esp-setelah-oli-mesin-ditambah-minyak-goreng/

  2. mesin honda yang sekarang kurang tau ane kayak gimana, tapi kalau mesin honda jaman dulu (2005 kebawah) katanya gak perlu diservis gak masalah, bahkan nenggak oli bekas pun silahkan, karena katanya mesin honda itu awet, digeber lama semakin panas rasanya jadi semakin kencang, begitu pula TOP SPEEDnya TERUS BERTUMBUH, motor impressa temen kuliah dulu bahkan gak pernah diservis, ganti oli pun 4 bulan sekali, baru di servis setelah ada suara aneh di sekitar kepala silinder yg begitu dibongkar taunya gigi sentriknya udah abis/bonges kemakan rantai kamratnya, tapi temenku kuliah tetep menganggapnya itu hal yang wajar, namanya motor dipake ya jelas komponennya ada yg aus, gitu katanya, brati artinya mesin honda itu anti rewel dan anti nyusahin dong kesimpulannya?

Silahkan Beropini