Cara Mudah Sesat Ngempukin Shockbreaker Depan Metik Dan Bebek

suzuki

Yola dulur yang budiman…ibuk negara sebagai pengguna si siwi, skywave 2008 mengeluh shock depan keras jedak-jeduk. Memang dari awal saat ganti as shock depan si siwi, suspensi depannya terasa stiff…cenderung keras. Sekalian saja mau praktekkan cara sesat mengempukkan suspensi depan.

Kebetulan ngadimin masih punya stok oli transmisi murahan seharga 28k rupiah seliternya, kalok ndak salah merk GGI, sae 90 GL-5. Ya…cara sesatnya adalah menggunakan pelumas transmisi untuk mengganti oli suspensi yang dot-3 iitu.

Namun ngadimin tidak sempat memfoto proses perbaikannya. Ngadimin serahkan ke tehnisi bengkel rekan, abil jaya motor di kampung Cirebon. Ngadimin sendiri posisi ada di bogor, jadi pasrahin aja ke ibu negara suruh kirim motor ke bengkel.

Dari laporan, tidak ada part yang diganti, hanya saran saja agar siap-siap ganti per shock depan….maklum udah 9 tahun belum ganti. Jadi hanya membuang oli suspensi depan dan menggantikannya dengan oli transmisi atau oli gardan.

Ngadimin sendiri baru nyoba hari minggu ini saat pulang kampung. Bagaimana perubahannya setelah menggunakan oli gardan? Weladalah…jabang bayik…buto bajang makan kacang…suspensi depan jadi terasa empuk membal bin nyaman kek k mercy ( lebaaayyyy….¬† :mrgreen:¬† :mrgreen: ).

Penjelasannya ngadimin sendiri nggak tahu, hanya menduga-duga saja…mungkin karena ¬†karakter oli transmisi yang lebih licin daripada oli rem atau suspensi yang ada keset-kesetnya itu. Jadi aliran oli lebih lancar.

Bagaimana dengan konsekuensinya? Nah…ini yang akan direview terus…apakah akan membuat sil bocor? Apakah tidak awet? Entahlah…yang jelas sekarang sedang menikmati membalnya shock depan sisiwi….penuk tenan.

Bagaimana jika diaplikasikan untuk suspensi motor sport atau naked? Sepertinya perlu uji coba lebih lanjut? Karena jika terlalu membal justru bikin motor pontang-panting saat nikung kencang. Jadi untuk sementara diaplikasikan untuk motor metik kecil atau bebek saja. Yang mana motor hanya digunakan untuk kommuter harian…bukan kencang-kencangan….

Semoga beranfaat

Wassalamualaikum

5 Komentar

  1. pengalaman servis shock depan di bengkel sarang jl raya bogor. juga ga pake oli shock. tapi pake oli mesin. cuman merk lupa. soal ya dah lama. btw untuk oli gardan buat motot matic pake oli apa ya yg bagus

  2. pake minyak kelapa d shock depan cbr k45 udah 2thn aman2 aj seal blm bocor,kerasa lbh empuk d banding pke oli shock oem..asal takaran sesuai dengan kapasitas shock..

Silahkan Beropini