Bikin Bangga, Anak Bangsa Mentorin Bule Eropa

Yola dulur yang budiman….kalok bicara prestasi anak bangsa, ngadimin itu paling seneng jika ada anak bangsa yang diakui oleh bangsa lain, dan dipercaya akan skill dan pengetahuannya. Itu menandakan kalok kita mampu dan bisa selevel atau bahkan lebih dibandingkan orang-orang bule. Kebetulan pula ngadimin diberi kabar bahwa team SIS yang berisikan anak bangsa dipercaya untuk mementori bule eropa.

Sebagai konsekuensi dari diexportnya gsx150 series dan gsx125 series, mau tidak mau, orang kita harus dikirim ke luar negeri, seperti eropa, asia, asia tenggara, sampai amerika selatan. Dan gsx series itu adalah motor yang dikembangkan berdasar parameter Indonesia, termasuk pusat pembuatan dan perakitannya…part-part motor sebagian besar dibuat oleh vendor dalam negeri, kecuali sistem keyless yang masih melibatkan mitsubishi thailand ( cmiiw).

Maka dari itu, orang kitalah yang paling tahu detail motor gsx series ini. Bahkan orang jepang pun, mempercayakannya ke Indonesia. Maka dikirimlah team-team kecil ke semua negara target export. Salah satunya ya masbro Indra Kharisma yang dikirim ke negara spanyol untuk menerangkan product knowledge soal gsx125 series. Termasuk detail part, sistem kerja, problem solving, penggunaan diagnostic tool SDS2, dan lain-lain. Info ini deka dapat dari rekan yang “ngakunya orang dalem suzuki”. Sebenarnya doi juga ada tugas ke eropa, tapi karena ngga bisa pisah ama bininya, doi tidak mengambil kesempatan itu  :mrgreen:  :mrgreen: .

Jadi motor made-in tambun itu akan bergentayangan secara global dimana jaringan suzuki ada. Bahkan negara-negara yang jaringan suzukinya kecil, mereka memilih importir umum. Yang penting gsx150 dan gsx125 series bisa dinikmati di negara mereka. Sahabat maya ngadimin yang berasal dari jepang, kouji nakamitz san bahkan memilih beli dari importir umum karena ngga sabar menunggu dari diler resmi…demi motor kecil 150 cc, walau doi sudah punya koleksi gsx1000f.

Di eropa sendiri suzuki mempunyai 16 distributor dan 2 distributor di amerika latin. Jadi ngga heran jika distribusi gsx150 series nasional agak tersendat dan dipatok di angka 3000an unit per bulan…. Bagi-bagi motor ke negara-negara luar, belum lagi importir umum. Sedangkan line produksi terbatas, makanya ngadimin cumak senyam-senyum jika ada yang nyentil-nyentil penjualan versi aisi soal gsx150 series.

Untuk sekarang, suzuki memang tidak mementingkan leading market…. Target terpenuhi saja sudah senang. Makanya harga promo ( khusus ) diperpanjang terus.

Dan yang jelas, semua motor gsx150 series punya part yang sama baik yang beredar di Indonesia atau export. Hanya finishingnya saja ya berbeda, untuk export lebih detail dan disesuaikan dengan aturan mereka, seperti lampu yang lebih jenong etc. Lainnya…sama saja….satu vendor dan satu pabrik… Di tambun bekasi.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

2 Komentar

  1. yg saya perhatikan itu buat jepit stang kyknya beda, mirip cb150r. kalo boleh tau ada yg jual gak ya om di indo? sama sticker 125, kali aja ada yg jual. malu kalo mainstream 150. wkwk

Silahkan Beropini