Suzuki Nex : Metik Yang Aneh

suzuki

Yola dulur yang budiman…. mengamati sebuah metik entry levelnya pabrikan berlambang S yaitu suzuki Nex, dimata ngadimin metik ini luar biasa banyak keanehannya. Tentu keanehan ini bukan dari desain atau bentuknya, tapi nasib serta arah pengembangannya…dan jika anda jeli membaca, maka ada clue nasib si metik mungil ini.Yuk kita obrolin secara santai.

Keanehan pertamanya tentu adalah jenis liner atau sleeve atau booringnya. Jika dibandingkan dengan merk lain, tentu ngga aneh. Tapi jika pembandingnya metik-metik suzuki lainnya kala itu, jelas aneh. Ciri khas sleeve suzuki adalah SCEM, termasuk metik-metiknya, dari skywave, skydrive, hayate, dan spin. Hanya suzuki nex yang memakai steel sleeve…aneh bukan?

Suzuki_nex

Keanehan berikutnya adalah sepak terjangnya di ajang roadrace. Metik mungil kubikasi ngga ada 110 cc ini seperti diskriminasikan… Ngga boleh ikut balap lawan metik sekelas, atau boleh ikut balap tapi khusus kelas nex…ngga boleh nyampur ama merk lain….aneh…..

Uji keiritan metik ini juga sangat aneh. Motor suzuki itu terkenal boros. Bahkan metik seperti skywave dan konco-konco metik suzuki dicap boros ( ngadimin ngikik karena pernah ngebandingin konsumsi bbm si siwi dengan metik karbu anu…. Hasilnya si siwi malah lebih hemat dikit ). Tapi nex ini terkenal irit, bahkan punya rekor muri sebagai metik teririt. Bahkan sempat bikin pabrikan besar ngambeg, mengundurkan diri dari uji independen karena metiknya kalah irit ama nex…. Aneeeh…..

nex dari suzuki thailand

Bicara penjualan Suzuki nex, walau mesin bandel, irit, tapi termasuk gagal dalam penjualan. Untuk ukuran motor jepang, populasinya termasuk minim. Bahkan sempat didiskontinyu, alias di”almarhum”kan. Dan setelah pasang batu nisan sekitar setahunan, nex bersama address bangkit dari kubur dan kelayaban lagi di diler-diler suzuki… Aneh…

Namun hidupnya kembali suzuki nex ini juga membawa keanehan. Yang namanya reborn, biasanya motor berubah total dari versi sebelumnya. Lha ini kok 95% sama plek dengan sebelum dikubur? Bahkan bentuk pelek palang tiganya masih dipertahankan….aneh bukan?

Bandrol atau harganya sekarang juga cukup aneh…disaat pabrikan lain menempelkan stempel harga di jidat motornya dengan angka naik, tapi nex malah seharga metik india…12 jutaan sudah bawa pulang metik merk jepang… Dimana yang lain bermain di angka 15-16 juta. Dan anehnya lagi, hampir sebagian besar publik awam ngga tahu kalok ada metik jepang seharga 12 jutaan. Sampai detik artikel ini dibuat, rekan kerja ngadimin ngga ada yang tahu harga suzuki nex…..ckckckck…..

mesinNEx

Soal desain, mesin, fitur nex reborn yang tidak ada perubahan dan ini cukup aneh untuk sekelas motor reborn, manurut ngadimin, nggak mungkin para petinggi suzuki tidak tahu konsekuensinya. Ini juga tersinyalir dari statment yang deka peroleh : “harga nex 12,6 juta tidak selamanya…nanti akan naik, makanya kita kasih kesempatan publik dapat metik yang murah banget”. ada udang di balik batu, ada hidden agenda…khususnya future plan… Kenapa rebornnya sekarang, kenapa tidak ada perubahan? Kadang kita bicara right now, padahal mereka sudah mikir 1-2 tahun ke depan. Ngadim sendiri sudah mengendus adanya udang dibalik bakwan yang menggoda selera… Tapi ini bicara etis dan tidak etis, lagian ini bukan blog yang unggul dalam bocoran produk atau printilan, atau spyshot… Jadi ya masuk kantong lagi ajalah… 😀 .

Suzuki nex untuk present time sebenarnya sangat-sangat menjanjikan. Ngga usah bicara fitur, ngga usah bicara desain, ngga usah bicara kemudahan after sales, jelas nex akan terbantai habis dibandingkan kompetitor. Tapi bicara irit, bandel, dan harga? Yes…. Dan ini sudah ngadimin diskusikan dengan rekan deka yang ngaku orang dalem suzuki. Selama ngga tahu cara mengolahnya, ya nex akan selamanya aneh, seperti yang sudah-sudah…….

Bonus : estranged… By Guns n Roses

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

7 Komentar

  1. kang burggy kapan metu?? bini minta namex masih saya tahan terus, sayang juga beli burggy second kalo nanti bisa dapet brand new dengan harga yang sama ato bahkan lebih murah.

Silahkan Beropini