Setelah 4 Bulan Dengan GSX-R150, Apa Deretan Keluhan 78deka.com?

suzuki

Yola dulur yang budiman….berhubung masih banyaknya pertanyaan keluhan-keluhan motor sport suzuki, gsx150 baik yang seri R atau S, ngadimin 78deka akan secara jujur membuat artikel keluhan motor ini. Tulisan ini berdasar testimoni pribadi, tidak ditambah atau dikurangi. Kebetulan pula ngadimin memelihara seekor gsx150 warna putih yang sudah disulap livery nya seperti motor Tyco suzuki tahun 2014, tunggangan guy martin….gipsy danger.

Yang namanya motor produksi massal tentu tak luput dengan namanya bug, defect, atau kekurangan saat produksi. Jangankan motor kelas entry level…sekelas ducati saja pernah recall motor diavelnya. Makanya beruntunglah anda jika beli motor kemudian ada recall karena indikasi ada bug, sehingga berisiko kecelakaan, pabrikan melakukan recall. Dulu di grup gsx150, ngadimin juga bilang, gsxr150 juga bukan produk sempurna. Jika ada bug yang sepele ya wajar-wajar saja. Asal bukan bug parah, seperti ada yang rompal mesinnya, atau yang lain yang menyebabkan kerusakan parah…itu namanya semprulna…  :mrgreen: .

Memang banyak ditemui, khususnya di media facebook keluhan-keluhan motor suzuki ini. Namun kalok ngadimin amati, dari sekian banyak kasus tidak menyangkut hal-hal yang krusial sektor mesin. Paling hanya suara-suara aneh, indikator check, FI, dan hal remeh temeh lainnya. Dari dugaan ngadimin, hanyai di sektor konektor kabel, tombol saklar dan sekitar itu.

Nah…daripada bersumber dari facebook yang kita tidak tahu runtutan kejadiannya, atau sengaja dibikin atau tidak, maka ngadimin akan bertestimoni dengan motor sendiri. Ini bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, jika bohong bisa dituntut sampai ke akherat nanti.

Gipsy danger termasuk lamban dalam bertambah jarak tempuhnya. Sudah 4 bulan, tapi odo masih di angka 16xx km. Ibarat kata, baru lulus secara inreyen. Namun dari jarak odo segitu, sudah termasuk pernah disiksa, yaitu saat long riding cirebon-bogor saat arus balik lebaran kemarin. Tersiksa oleh kacetan panjang dari masuk cikampek sampai cikarang. Padat merayap selama lebih dari 6 jam.

Nah… Selama 4 bulan ini, apa deretan keluhannya?….. Krik….krik….krik….krik……0…… alias ngga ada keluhan apapun. Ya…bagi biker awam, alias ngga expert-expert amat, selama 4 bulan ini ngga mengalami kondisi abnormal pada gipsy danger… Bug belum dijumpai, keanehan-keanehan yang bikin was-was juga ngga ada. Kelistrikan normal, kehujanan juga sering, mesin ngejim kaga, indikator nunjukin keganjilan juga ngga. Performa belum tergali maksimal, karena lebih ke safety riding. Suara-suara aneh absen… Terus apa yang mau diungkap keluhan di gipsy danger? Kalok deka asal nyebut, itu namanya bohong…dosa…dosa besar karena ada hubungannya dengan fitnah produk. Mungkin jika rem belakang terlalu pakem dianggap keluhan…ya hanya itu yang ngadimin alami. Itupun sekarang jarang terjadi karena sering memakai rem depan…kaki tdk diatas pedal rem belakang.

Mungkin saja ngadimin beruntung dapat produk yang pas semuanya…pas kualitasnya, pas presisi assemblingnya, pas quality controlnya. Padahal dari odo km 400 sudah pakai oli sesat, campur minyak jarak lagi….bbm juga kena racun SPARK. Pemakaian akhir-akhir ini juga walau sekali sehari, pasti kena italian tune-up. Bisa jadi memang ada keluhan dari dulur lainnya yang ngadimin tidak alami sendiri. Yah…namanya juga bukan motor sempurna, wajar ada keluhan satu atau dua…tapi minimal bukan semprulna lah.

So… Baru sejauh itu yang bisa ngadimin berikan testimoni soal gsx150 selama pemakaian 4 bulan ini. Ngadimin harap sih lancar jaya ngga ada keluhan apapun. Ini juga ngadimin anggap, inreyen gipsy danger berhasil, memuaskan…mission accomplish… Tinggal gaspoll jika nemu jalan sepi dan memungkinkan segi keselamatannya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil

16 Komentar

  1. yang aneh adalah sering pada ngeluh bunyi pada rantai, ternyata kalo saia amat2i seperti di servisan papua, rata2 memang karena setelan rantai agak terlalu kencang pas penyetelan pertama kali mau diantar ke konsumen,, mungkin sebagai konsumen kita juga jangan cuek (bahasa papuanya: malas tau) terhadap barang yang kita beli alias pokoke terima beres.. ada baiknya kita juga ikut lihat langsung penyiapan unitnya, kalo kebetulan kita lebih tau tentang sesuatu hal teknis ada baiknya kita kasih usul, maklum teknisi kadang juga lupa. 🙂

  2. Kalo saya sebagai pengguna GSX S, kekurangannya selama penggunaan yaitu kadang susah oper gigi kalau dalam keadaan berhenti… Apa memang begitu ya?

  3. Pake oli sesat apa enggak menggugurkan garansi mas? Waktu itu servis di Suzuki pusat yang di Sunter, waktu inreyen mau pake AX5 (berhubung mineral), tapi katanya bakal menggugurkan garansi. Akhirnya mau gak mau pake SGO gratisan, baru servis berikutnya pake AX5.

    Cek channelku yo.

Silahkan Beropini