Bagaimana Jika Ada GSX-R150 Non Keyless?

Yola dulur yang budiman…..desas-desus akan hadirnya suzuki gsxr150 non keyless atau memakai kunci konvensional sudah tersebar di blog-blog besar. Angin sepoi-sepoinya sih sudah ngadimin terima beberapa waktu yang lalu. Untuk benar nggaknya, ngadimin no komen dulu ya, maklum ini menyangkut strategi pabrikan, jadi kita obrolin sebab akibatnya saja dengan rumor tadi.

Salah satu alasan adanya tipe non keyless ada yang bilang karena pertimbangan harga. Dengan berakhirnya harga khusus di bulan juni ini, katanya suzuki khawatir dengan produk kompetitor yang bermain di harga 33,5 sampai 35 juta, cbr dan R15. Padahal dengan harga 29,9 juta gsxr150 masih tergolong harga miring. Selisih 3,5 juta sudah termasuk lumayan, tinggal suzuki mengakali selisih harga kreditnya agar bisa selisih lebih jauh lagi.

Apalagi jika anda mempertimbangkan harga dengan kualitas produk. Ngadimin tidak akan bicara banyak. Lebih relevan jika anda langsung test fisik saja, bandingkan antara ke3 produk tersebut secara fisik. Gunakan panca indera anda, kemudian pertimbangkan harga dengan fisik motornya, silahkan nilai sendiri. Menurut ngadimin harga 29,9 juta buat gsxr150 masih termasuk layak…. Dari kacamata konsumen, ngadimin tetap di posisi dulur sekalian, harga 28,9 juta diharapkan tetap seperti itu. Harga GSXR150 murah? Uang 28-29 juta adalah nilai yang besar…jadi ya ngga murah-murah amat… Di mata deka, harga gsxr150 bukan murah, tapi harga yang layak dan logis untuk sport 150 cc. Tidak overprice.

Harga fitur keylessnya sendiri katanya sekitar 2 jutaan rupiah. Jika fitur ini dihilangkan dan diganti kunci konvensional, tentu akan memangkas biaya produksi. Jadi jika nanti ada tipe non keyless, suzuki bisa mempertahkan harga sekarang, yaitu 28,9 juta rupiah. Toh di versi nakednya juga non keyless. Yah…opini itu masuk akal.

Namun ada juga kebaikannya jika non keyless hadir, apa itu? Yaitu buat kaum yang gagap atau khawatir dengan hal-hal baru. Mereka khawatir dengan fitur keyless yang masih asing, membuat kesulitan-kesulitan baru. Kunci dengan full elektronik bikin mereka khawatir dan lebih nyaman dengan fungsi mekanik. Dengan adanya non keyless bisa menjawab kekhawatiran tadi.

Buat deka sih dengan adanya keyless sistem membuat pemakaian lebih praktis dan aman…. Ngga perlu masukin kunci, tinggal puter knob dan stater langsung greng. Dari segi keamanan juga lebih terjamin karena keyless akan mengunci ecu, jadi tidak bisa dijumper atau cabut kabel…tetap tidak bisa nyala tanpa adanya kehadiran remote.

Dengan adanya non keyless, gsxr150 versi keyless tentu akan lebih eksklusif. Dan itu membuat pemiliknya lebih senang. Dengan adanya versi nonkeyless, tidak ada ruginya. Justru akan menambah ragam jenis motor suzuki. Apalagi bisa untuk menekan harga jual. Lagipula fitur keyless masih impor dari pabrikan mitsubishi jepang, jadi jika ada keterlambatan part tidak mengganggu line produksi, tinggal genjot yang non keyless.

Tinggal suzuki mau memproduksia atau nggak untuk gsxr150 non keyless. Yang jelas sih tidak menimbulkan efek negatif gsxr150 versi sekarang.

Bonus Helloween

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Komentar

  1. Nonkeyless + Jok Tandem, kombinasi yahud dah. Biar yang sekarang udah punya, ga merasa “sayang udah beli” ternyata ada kelas yang lebih tinggi. Jadi, antar motor GSX ini berimbang.

  2. Boss admin,
    Kira2 2018 ada perubahaan body pada fu fi gak bagian buritan lampu + kaki2 usd + knalpot + pro link + ban plus tapak lebar….???
    Gimana boss isunya bocoranya kasih dikitlah coz,
    Ane masih nahan diri mo minang neng fifi.
    Kurang 5 bulan keluar model baru malah nanti bisa2 nyesel. Coz, fu fi yg sekarang ini desain buritan payah & kaki cungkring parah lari 80 kpj aja oleng parah dah nyoba punya teman…! !!

Silahkan Beropini