Cara Mencampur Minyak Jarak dengan Oli Mesin

Yola dulur yang budiman…. mungkin sebagian kaum sesater mempertanyakan penambahan castor oil atau minyak jarak di oli seperti gulf superfleet yang masih mineral seperti oli mobil delvac mx atau caterpillar 15-40. Pertanyaan wajar karena aslinya minyak jarak tidak akan mau bercampur dengan oli mineral. Makanya di oli luar negeri, oli yang mengandung castor oil biasanya oli sintetic, seperti Penrite race castor. Hampir semua journal juga tidak menganjurkan pencampuran tersebut, karena memang tidak mau bercampur. Nah, ngadimin menemukan cara agar minyak jarak bisa bercampur dengan oli mesin.

Kenapa tidak bia bercampur? mungkin dugaan ngadimin karena castor oil punya viscosity yang tinggi saat dingin. 1000-1500 cp saat 20ºc dan diatas 2000 cp saat 10ºc. Oli sae 40 saja hanya 600 cp di suhu 20ºc. Itu hanya dugaan, mungkin yang lebih ahli oli bisa menjawabnya. Atau mungkin juga karena kandungan fatty acidnya yanggi diatas 85%. Bisa juga karena masih mengandung molekul air. Namun secara pengamatan deka, memang tidak mau bercampur dengan oli mineral seperti gambar dibawah ini. Minyak jarak yang berwarna lebih putih bening posisi ada dibawah dengan batas jelas.

pencampuran langsung minyak jarak dengan oli mineral

Nah… kebetulan pula ngadimin menemukan 2 buah patent cara mencampur minyak jarak agar bercampur homogen dengan oli mineral. Di journal patent amrik tersebut diterangkan cara pencampuran agar homogen antara castor oil dengan oli petrolium. tahapannya ada 2, yaitu pemanasan bertahap dan penambahan blending agent, karena komposisi castor oil bisa mencapai 80%.

Karena ngadimin hanya akan memakai castor oil sebagai additive yang kurang dari 10%, maka menggunakan metode patent yang satunya lagi, yaitu dehidroksilasi melalui pemanaan bertahap saja, tanpa blending agent. Caranya adalah dengan memanaskan bertahap minyak jarak dengan pemanas kompor biasa. nyala kecil 5 menit, nyala sedang 5 menit, sedang besar 5 menit dan terakhir api besar 5 menit. Hasil akhir, minyak akan lebih encer dan berwarna lebih gelap dibanding saat mentah.

Cara ini juga bertujuan untuk mengaktifkan esterlike agent di dalam kandungan unik minyak jarak, dimana saat suhu meningkat terjadi polimerisasi dan membentuk “heavier oil” seperti kandungan ester, bahkan belum terdekomposisi saat suhu diatas 343ºC.( Bert Stieger ). Namun ada yang lebih penting, yaitu melepaskan 1 molekul kandungan air dalam minyak. Selain itu pemanasan juga untuk menguapkan kandungan gum dalam castor oil sehingga nantinya tidak menyumbat saluran pelumas mesin. makanya jangan heran saat proses pemanasan akan terbentuk asap putih. itu sebenarnya bukan asap, tapi castor oil yang berubah menjadi partikel seperti embun, karena jika dingin akan kembali ke bentuk cairnya… mirip sekali dengan kabut embun.

Dan benar memang, setelah melalui proses pemanasan bertahap, oli mesin langsung deka campur ke dalam minyak jarak yang panas tadi, kemudian diaduk. Setelah dingin, kedua jenis minyak tersebut bercampur sempurna. Masih kurang puas, deka biarkan seminggu secara terbuka di suhu ruang, ternyata tidak ada pemisahan, masih bercampur homogen ( gambar di bawah ).

campuran castor oil+oli mineral

Untuk sekelas pencampuran dibawah 10% itu deka anggap cukup, karena fungsinya tidak untuk menggantikan oli mineral. Hanya mengambil keuntungan dari oil strength castor oil yang kuat, menambah 1 lapisan film oli  di dinding mesin, serta ester like effect saat kondisi mesin panas. Bagaimana dengan sifat mudahnya teroksidasi? Ngadimin berasumsi mengambil additive dari oli mesin yang dicampur, karena sudah mengandung antioksidan. Yaahh yang under 10% numpang di 90% oli mesin lah….. dan beneran, setelah uji 1,5 bulan di skywave dan 2500 km satria F150, oli masih layak pakai saat uji droptest.

Lantas bagaimana memperolehnya minyak jarak tersebut? silahkan cari di apotek atau olshop. Jika tidak mau ribet, ngadimin juga menyediakan, bahkan sudah bercampur dengan olinya, sehingga tidak ribet untuk melakukan proses pemanasan bertahap…. silahkan kontak ngadimin saja di nomer WA.

Jika dirasa kurang lengkap mohon ditambahin di kolom artikel

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

 

10 Komentar

    • nyampurnya jd satu saat proses pemanasan…. ini terpaksa saja krn oli mesin sudah ada di dlm mesin, jd tambahan susulan… lbh baik sama-sama panas

Silahkan Beropini