Jduaaarrr….. Hot Gossip Bentuk Supermetik Suzuki

suzuki

Yola dulur yang budiman…. pas kemarin menghadiri launching suzuki nex dan address playful di booth suzuki kebetulan ngadimin berjumpa dengan sosok ” temen deka yang ngakunya orang dalem suzuki “. Setelah cipikacipiki cas-cis-cus ngalor ngidul, ngadimin obrolin tentang rumor supermetik suzuki. Skutik kelas medium premium yang mana suzuki belum punya line up-nya. Bagaimana gambaran bentuk supermetik tersebut?

Sebenarnya gossip ini termasuk confidensial, rahasia yang senditif karena menyangkut strategi jangka panjang sebuah pabrikan. Jika bocor terlalu dini, bisa merusak strategi, bahkan nasib produk tersebut. Jika bicara oleh kompetitor, kemudian didahului produksinya, bisa kalang kabut. Apalagi kita tahu, suzuki sendiri memang pelan-pelan dan perlu proses panjang untuk meriset sebuah produk baru. Semua dilakukan dengan teliti dan bertahap.

Untungnya rekan deka tersebut sudah tahu kapasitas mulut deka. Sejak tahun 2014, hanya sekali keceplosan soal bocoran, dan setelah itu lumayan rapat memplester mulut  :mrgreen: . Jadi, mau tidak mau, suzuki butuh line up di semua kelas. Ini untuk meramaikan senjata para dilernya yang sudah terseleksi sekarang agar tetap bertahan. Kelas entry level sudah ada, medium ada address playful, sport 150 sudah, jadi tinggal kelas medium premium yang masih kosong. Kalok nggak bermain disitu, akan tambah ketinggalan kereta. kenapa? karena segmen ini sekarang lagi booming, segmen yang dibentuk oleh yamaha.

ilustrasi

Bagimana bentuk produknya menjadi diskusi menarik ngadimin dengan beliau. Opini deka, jika menyasar segmen baru, dimana suzuki sebagai follower, maka jangan sampai produknya sama dengan si pioneer, mindsetnya akan kalah. Kalaupun laku, hanya oleh fans suzuki saja, sedangkan publik umum tetap akan ke yang pioneer utama. Buat pabrikan AHm sih ngga masalah, karena basis fansnya melebihi yamaha. Kalok suzuki?

Ini ternyata diiyakan oleh beliau….. soal desain apakah seperti N-max??? woooo nggak…. beda mazbro…. beda sekali…..tanpa menjelaskan perbedaannya dimana. Yang jelas buka beda aliran merk suzuki dan yamaha, tapi basis desainnya saja sudah beda…. Bukan basis desain sama, tapi disesuaikan dengan karakter suzuki…. Ngga seperti itu…. Weh…. menarik nih teka-tekinya…. jadi bukan karena yamaha N-max kemudian suzuki membuat supermetik seperti N-max… Nggak…. Ini berbeda kasus dengan kelas sport 150 cc mazbro…..

Saat ditanya maksudnya seperti apa? Doi malah balik bertanya…… Kalok desainnya diatas N-Max gimana mazbro? seperti ini….. ( sambil menunjukkan contoh gambar sebuah metik yang  😎 ) . Setelah melihat contohnya, ngadimin hanya bisa nyengir kuda… kagak bisa berkata apa-apa. ” Beneran seperti itu?” doi hanya menjawab : ” ini hanya sebatas acuan saja….”. Weh…..beneran Lur… beda banget ama N-max…. bahkan beda kelas……

ilustrasi

Saat ditanya soal rencana harga, doi jawabannya sama persis dengan opini ngadimin beberapa waktu yang lalu. ” kalok kita main segmen medium premium, ya acuannya harga N-max dong”. Jadi under 30 juta? doi hanya mengangguk. Terus kapan peluncurannya? ” Bar pahing ” ( setelah pahing )….. Hahahaha…. intinya itu konfidential banget. tapi kalok deka bisa tebak sih, akhir tahun ini minimal sudah ada perkenalan. Atau minimal clue kapan akan diproduksi dengan bocoran desain dasar.

Jadi…. untuk segmen medium premium ini suzuki sepertinya bakalan bersungguh-sungguh, hampir sama dengan saat membuat suzuki GSX-R150. Ini soal pride suzuki, kelas dimana uang tidak belasan juta, tapi nyaris 30 juta, Suzuki menghargai calon konsumennya yang mengeluarkan duit hampir 30 juta dengan produk diatas pasaran umum…… Itu janji dia ya…. bukan opini. Sudah terbukti kan di GSX-150?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

13 Komentar

  1. Klo dri segi desain sih percaya psti beda om. Biasa, suzuki punya dunia sndiri soal desain hhe..cuman dri segi tekno.ap ad ssuatu yg ditawarkan untuk brsaing dgn VVA? Apa lgi skrg dtambah 1 line up(aerox) yg punya beragam alternatif fitur untuk mnjangkau konsumen. Bener om..klo g da teaser produk suzuki dr skrg bkal susah mrebut jatah kue besar yg skrg ad pd yamaha di segmen skutik medium. Yg inden nmax dan aerox skrg ngular.

  2. Klo enggak beda ya bukan suzuki namanya.. Ya dah biasa dsain suzuki beda sendiri.. Beda enggak di sukai banyak orang wkwkwkwk

Silahkan Beropini