Review Singkat Penambahan Minyak Jarak 100 Ml+HDEO Gulf Superfleet Di GSX-R150

Yola dulur yang budiman….Setelah review penggunaan oli diesel gulf superfleet sae 15-40 yang positif efeknya di motor gipsy danger gsx-r150, kini dilanjutkan dengan penambahan minyak jarak atau castor oil 100 ml. Kenapa ngadimin berani mencampur minyak jarak dengan oli mesin di gsxr150? karena sebelumnya sudah dilakukan uji coba di motor satria FU dan skywave. bahkan jarak tempuh sudah mencapai 1500 km, mesin normal-normal saja, bahkan cendrung lebih halus dan enteng akselerasinya.

Penambahan minyak jarak di mesin gsx-r150 sebenarnya mau dilakukan pengurangan volume oli mesin sebesar 100 ml, kemudian diganti dengan castor oil. namun berhubung gsx-r150 bermasin tegak, jadi pengurangan oli deka urungkan. Nggak masalah menambah volume oli sebanyak 100 ml, toh tidak akan menggenangi ruang bakar karena posisinya yang tegak. Jadi jika ada kelebihan oli, berada di bawah, yaitu di bak penampung. Ini berbeda dengan mesin tidur seperti di metik atau moped, kelebihan oli bisa bahaya, karena menggenangi ruang bakar yang posisinya tidur.

Setelah dilakukan proses pemanasan bertahap ( kenapa dan alasannya kita bahas next artikel ), castor oil 100 ml dalam kondisi panas deka masukkan ke mesin gsx-r150. Tidak ada perlakuan khusus lagi. Kemudian tutup pengisian oli dipasang, dan mesin dinyalakan.

Setelah mesin dinyalakan, tidak ada perubahan yang berarti, ini karena minyak jarak belum tercampur sempurna dengan oli mesin gulf superfleet di semua bagian mesin. Setelah dinyalakan 5 menit, gipsy danger ngadimin ajak jalan-jalan seperti biasa. Rutenya sama persis dengan saat inreyen sebelumnya. Sumber-Pesawahan-Paniis-mandirancan-Caracas Cilimus PP. Jarak tempuh ekitar 40an km. Kondisi jalan khas kaki gunung Ciremai yang penuh dengan tanjakan, turunan dan tikungan.

Awal- Awal rasa mesin seperti sebelumnya saat memakai oli gulf superfleet, namun setelah 10 menitan jalan, suara mesin dohc direct tappet alias tanpa rocker arm yang umumnya suara ketukan shim terdengar jelas, tek…tek..tek…. menjadi berkurang. Tarikan lebih responsive, vibrasi mesin makin halus, dan efek licinnya sangat terasa. Mesin menjadi sangat menyenangkan….. seperti suara mesin yang dilengkapi dengan roller rocker arm halusnya. Ciri yang paling terlihat adalah suara berdesing…. zing….zing….. saat throttle dilepas atau deselerasi tanpa rem. Engine brake berkurang, karena efek licin dari penambahan castor oil.

Bagaimana dengan sektor kopling? Apakah membuat slip kopling? mmmm…. slip kopling seperti apa ya? yang deka rasakan malah tambah smooth dan empuk saat shifting gear… kembali efek licinnya sangat terasa. Inilah sensasi mesin gsx-r150 yang paling enak yang ngadimin rasakan semenjak baru. sampai-sampai ketagihan main rpm tinggi diatas 10.00 rpm, ditandai dengan lampu blipper rpm yang sering nyala ( deka setting nyala di rpm 10.000 ).

castor oil siap campur dengan oli mesin

Dengan efek ke mesin seperti ini, jujur bikin ketagihan naik motor. Bahkan setelah shalat tarawih deka sempatin rolling thunder malam-malam bejek gas si gipsy danger… uenak tenaaannnn…. :mrgreen:  . Kombinasi oli gulf superfleet 15-40 dan castor oil 100 ml : 1400 ml atau 7% membuat sensasi mesin tambah licin. bahkan saat dingin, mesin sudah terdengar lebih halus daripada sebelumnya.

hal ini dikarenakan keunikan castor oil dimana saat panas, terjadi polimerisasi dan membentuk sejenis ester atau disebut ester like effect. kemudian dengan penambahan castor oil membuat lapisan oil film bertambah menjadi 3. 2 dari oli mesin, 1 lapisan dari vegetable oil. kenapa saat dingin mesin langsung halus? karena memang sifat castor oil yang bisa melekat lebih erat ke dinding mesion daripada petrolium oil. Castor oil punya oil strenght yang sangat bagus.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

Silahkan Beropini