Suzuki Nex Reborn… Layakkah Masuk List Beli?

Yola dulur yang budiman…. seperti yang diinfokan sebelumnya, bahwa suzuki mereborn metik entry level mereka, suzuki nex di booth suzuki arena PRJ 2017. Banyak yang bertanya, kok nex seperti itu sih? Terus apa bedanya dengan versi lama? Kok kelihatan oldschool fiturnya? Apakah metik ini layak beli?

Saat ngadimin blogwalking pun banyak sekali komentator yang menyatakan seperti itu. Lampunya jadul, masih bohlam, beda dengan metik sebelah…. Peleknya jari 3 kek yang lama…. Fitur kalah kekinian dibanding metik sekelas. Wajar saja opini-opini seperti itu, karena sudut pandangnya dari pengamatan umum metik kekinian.

 

 

Padahal yang diberikan oleh suzuki di metik Nex ini sedikit beda dibandingkan beat atau mio. Menurut pak Yohan Yahya, Nex itu disediakan untuk publik yang membutuhkan metik kompak dengan harga sangat-sangat terjangkau untuk kelas entry level. Bayangkan saja, hanya seharga 12,6 juta rupiah untuk jabodetabek…. Hanya seharga metik karburator TVS Dazz, sedangkan metik jepang lainnya termurah ada di rentang 15-16 juta rupiah.

Menurut beliau, nex ini menyasar keluarga yang butuh metik operasional, untuk menunjang aktivitas harian. Atau buat sarana transportasi anaknya berangkat sekolah. Ngga muluk-muluk… Ngga buat modis, ngga buat life style. Metik serbaguna…harga murah….titik. Ini juga diwakili dengan warna suzuki nex yang memilih elegan.

Pak Yohan bilang, warna elegan mewah yang dipilih buat nex karena sebagian publik ingin eleganitas warna tapi dengan harga terjangkau, berkaca di suzuki address dulu dimana versi elegan justru nampak mewah, dan harganya paling tinggi di beberapa versi address.

Dengan warna elegan tanpa banyak striping juga memberikan kebebasan luas untuk dimodifikasi sesuai selera masing-masing. Tidak memberikan pilihan warna-warni karena sasarannya sapu jagad, semua golongan umur. Dan yang jelas, menekan harga produksi agar bisa dijual lebih murah.

Fiturnya sendiri sangat standar, seperti versi lamanya. Mesin air cooled 113 cc sohc fuel injection non silinder SCEM. Tapi jangan remehin nih metik entry level murah. Ingat, nex adalah metik yang didiskriminasikan karena keunggulannya. Pernah bikin sewot pabrikan besar dan mundur dari ajang uji keiritan bbm. Pernah dilarang ikut balap roadrace kelas standar…karena team lain pada komplain performanya yang tak terkejar.

Jadi Nex memang fokus ke sebuah sarana transportasi kecil yang simple, reliable, dan harga terjangkau. Ngga neko-neko, yang penting bandel, irit, bertenaga, dan lincah. Lampu walau bohlam juga sudah cukup. Bahkan ngadimin sendiri termasuk penggemar bohlam super. Kurang puas dengan lampu LED, termasuk di gsxr150. Kurang nyaman di mata, beda dengan bohlam super seperti osram seri toptier all season super, coolblue atau night breaker, juga lampu-lampu bohlam super lainnya, atau lampu bohlam projie sekalian.

Jadi jika anda membutuhkan sarana transportasi kecil, irit, bandel, sparepart murah, ngga macem-macem, warna cool elegan dengan harga yang sungguh menggoda, suzuki nex adalah metik yang layak beli. Harganya itu lho…kebangetan murahnya.

Jika ingin buat gaya, lebih condong ke suzuki address playful, dimana kelasnya setingkat lebih tinggi dari suzuki Nex. Kita bahas next artikel.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Komentar

  1. Bohlam hs1 atau h4 memang lebih mantap. Banyak pilihan tipe nya.
    Makanya, nnti burgy 180 bkin 2 versi standar (bohlam Hs1) dan high (led/proji).

  2. It’s value for money banget om.. poin” yg om sebutin diatas bner bnget. Dlu sya prnah pinjem nex nya anak murid buat plng k rumah. Jarak sekolah-rumah skitar 1km dsitu indikator fuelmeter udah nyentuh garis merah.karna buru” plng k rumah djln ga smpat isi bensin. Karna gk enak sm murid sy. Sya isikan bnsin 2 liter pas mau balik k skolahan. Trnyata sy dpt jwaban mngejutkan ktika sy blng abis isiin bensin mtornya yg cekak. “,Ah.. repot” banget pak. sy biasa kok PP dgn kondisi gt tapi aman ampe rumah.”, What! Busyet.. haha..

Silahkan Beropini