Its Time For TT Isle Of Man 2017

suzuki

Yola dulur yang budiman…. ada apa dengan akhir minggu bulan Mei sampai dengan pertengahan minggu bulan Juni di kalender motorsport, khususnya dunia roadrace? Yup…. betul…. its time for TT isle of man…. balap roadrace paling terkenal sejagat, dimana sirkuitnya adalah jalanan umum mengitari sebuah pulau… Isle of man. Sebuah balapan dan time trial seru karena selalu membawa korban jiwa tiap tahunnya, tapi tetap saja dianggap balapan resmi oleh FIM.

Gelaran tahun ini sepertinya masih seperti tahun lalu, mata akan tertuju ke persaingan antara Ian “hutchy” hutchinson dan Michael “ballymoneyman” Dunlop. Keduanya mendapat capaian fenomenal tahun kemarin. Hutchy membuat yamaha R6 bertaji kembali di ajang ini, dan dunlop memcahkan rekort dengan juara 13 kali ajang balap jalan raya ini.

 

Untuk sementara team honda terlihat kepayahan di beberapa tahun ini, dominasi mereka sudah digoyang oleh BMW. Apalagi pebalap legendanya, John mcGuinness batal balap karena cidera, tinggal menyisakan part time hero Guy Martin yang comeback tahun ini……bersama team honda ( I miss Guy’s Tyco suzuki )

Pertanyaan pertama saat gelaran akbar ini dimulai adalah selalu stereotipe… Akan memakan korban berapa nyawa tahun ini? Sebuah pertanyaan lumrah karena balapan di tt isle of man dilakukan di jalan umum yang mengelilingi sebuah pulau sepanjang 42 km. Melewati ngarai, gunung, pinggir pantai, sisi jurang, sela-sela padatnya perumahan. Jalanan umum dilibas dengan motor superbike dengan topspeed diatas 200 mil/jam ( 320 km/jam ).

Dari daftar buku korban nyawa selama tt isle of man mulai digelar sebanyak lebih dari 260 nyawa melayang. Balapan ini memang lebih mengutamakan pengalaman, mental, dan perhitungan matang. Kalau di motogp kesalahan berbuah ndlosor di gravel dan dinding pelindung keselamatan, di TT isle of man kesalahan sedikit berbuah tembok rumah, batu terjal, pagar batu, atau masuk jurang. Tinggal pilih langsung ke akherat atau yang “beruntung” bertemu suster cantik rumah sakit.

Pertanyaan simple…. apakah dunlop berhasil dengan motor suzuki GSX-R1000 yang masih baru dan masih tahap pengembangan? Apakah tangan midasnya berhasil membawa suzuki juara TT isle of man seperti suksesnya doi membawa bmw melejit? atau malah begalan ala ian hutchy di atas yamaha yang akan sukses? menarik untuk kita ikuti bersama.

Entah kenapa sai sangat suka dengan video TT isle of man yang satu ini. Kombinasi musik, suara mesin, dan highlightnya memicu adrenalin

Jika ingin menonton documenter movienya, silahkan di link berikut

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

4 Komentar

  1. Bisa donk, dunlop kan tahun kemarin bawa S1000RR yang development-nya ambil basic dari Gixxer K5 tahun 2005/06.
    Tahun ini dunlop kan pake the original gixxer, makanya dia putuskan meninggalkan gixxer wannabe. Karena dia yakin juara 😀

Silahkan Beropini