Inilah Kenapa Lebih Pilih Ganti Oli Sendiri, Khususnya Motor Yamaha

Yola dulur yang budiman….kemarin ngadimin “membaiat” tiga jenis motor untuk menjadi aliran sesat soal oli. Mereka adalah honda CS1 si domba garut, Yamaha Byson karbu, dan yamaha Soul GT FI. Ada kejadian yang agak bikin keder, khususnya di 2 motor yamaha tersebut. Dari hasil nyata yang ngadimin temukan membuat lebih mantab soal ganti oli…. emang lebih baik dilakukan sendiri daripada di bengkel resmi.

Lha emang menemukan apa? Ngadimin mendapati serutan besi saat membuka baut pembuangan oli di crank case yang ikutan bersama oli. Bahkan ada yang menempel di baut pembuangan dan stainernya. Lha kok bisa ulir di crankcase bisa gogrok seperti itu? Padahal ngadimin mengendorkan kuncian baut saat kondisi dingin.

Kalok dulur sekalian sering memantau blog kecil ini pasti menemukan car ganti oli sendiri secara benar, silahkan buka lagi artikel berikut

Ganti Oli Dalam Kondisi Dingin? Pikir Lagi Deh……

Ya… salah satu tips-nya adalah membuka kuncian baut saat kondisi mesin dingi agar mengurangi resiko baut slek. Setelah baut tidak terkunci, baru mesin dipanaskan agar oli encer saat ditap, kemudian baru baut dibuka sepenuhnya. Deka sudah melakukan hal tersebut di ketiga jenis motor tadi. Di honda CS-1 tidak terjadi parutan besi yang keluar, normal-normal saja. Tapi di dua jenis motor yamaha tadi parutan besinya pada rontok, bahkan di motor byson sampai bautnya slek, Ditandai saat mengencangkan baut, baut tidak mau terkunci walau masih terasa seret. Untuk sementara diakali menggunakan siltip pralon agar oli tidak bocor.

Padahal ngadimin tahu betul, kedua motor tadi rutin ganti oli di bengkel resmi, semua servis dipasrahin di bengkel resmi. Lha deka yang mau gantiin aja sebelumnya dipertanyakan….”bisa nggak ganti olinya ?” sangking terbiasanya masrahin ke bengkel resmi… 😀 . Lha kok bisa tergerus tuh ulir baut di crankcase?

Well… kalok ganti oli secara benar sesuai artikel deka diatas memang susah dilakukan di bengkel umum atau bengkel resmi. Prosesi penggantian oli saja bisa semalam, atau jika tidak sabar minimal memerlukan waktu 2 jam. Di bengkel mana bisa menunggu mesin kondisi dingin, buka kuncian baut, kemudian manasin mesin, ngetap oli dan menunggu oli terbuang secara alami tanpa disemprot?….. mana ada waktu….. wkwkwkwkwk.

Dari hasil sisa gerusan berupa parutan logam tadi, ngadimin beropini mesin dua yamaha tadi sering buka tutup baut oli saat kondisi panas….walaupun dilakukan di bengkel resmi. Berbeda dengan sipiter dulu, walaupun berumur hampir 4 tahun, terakhir ganti oli tidak ada namanya parutan besi, karena hampir 3 tahun, prosesi ganti oli dilakukan sendiri secara TePOK. karena milik sendiri semua dilakukan dengan halus dan hati-hati….Nggak grubyak-grubyuk karena dikejar waktu dan customer lain.

Jadi, perhatikan saat ganti oli dibengkel…… jika terpaksa, jadilah customer yang rewel dikit, yang penting bener….jangan sampai motornya salah penanganan…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

7 Komentar

  1. Alhamdulillah satriafu aman2 aja ganti oli pas mesin masih panas. Dah 7th…
    Karna kualitas mungkin ya?
    Ada juga shogun dah 13 th masih kenceng juga baut tap oli nya…

Silahkan Beropini