Cara Nyantolin Barang Dan Helm Di GSX-R/S 150

Yola dulur yang budiman….salah satu kekurangan motor sport full fairing atau naked yang model jok split seat adalah membawa barang bawaan, khususnya kantong plastik hasil belanja. Mau diletakin di bagasi, ngga seperti metik yang bagasinya superluas. Atau minimal seperti bebek yang bisa ditambahin cantolan sebagai alat bantu bawa barang. Hal ini juga dialami oleh duo suzuki gsx150, baik R atau S. Termasuk soal nyantolin helm saat di parkiran.

Mengumpulkan beberapa tips dari anggota klub, dan iseng-iseng ngakalin, ternyata bisa menemukan cara membawa barang belanjaan di kantong kresek dengan motor gsxr150 ataupun gsx-s150.

 

Sebenarnya suzuki sudah melengkapi cantolan helm di jok belakang yang bisa dilepas itu. Namun melihat konstruksinya, tidak simple dan susah untuk memasang atau melepas helm yang dicantolin karena kaitan berbentuk huruh J yang terbalik. Untuk nyantolin helm yang praktis adalah dengan mengaitkan besi kuncian helm ke rangka subframe. Kemudian besi kuncian helm tersebut akan mengunci antara subframe dan dinding bodi sebelah dalam…. Kemudian jok tinggal dipasang kembali……. Woilllaaaa….helm terkunci dan nyantol sempurna.

Hnaaahh…memanfaatkan kaitan di bawah lapisan jok tersebut, bisa digunakan untuk nyantolin bawaan di kresek atau tas kain. Bahkan ada 2 buah, kanan dan kiri. Caranya ya tinggal dikaitkan saja kemudian jok belakang dipasang…. Woilllaaa….motor semprot bisa bawa barang belanjaan.

Cara ini lebih aman dan tidak mengganggu kemudi saat riding daripada nyantolin di setang atau spion. Secara estetika juga nampak layak, “wangun”, ” memper” daripada dicantolin di setang. Bagaimana dengan membawa barang di jok belakang kemudian diberi jala pengaman? Hmmm…sejauh ini belum deka coba….belum sempet beli dan masih jarang membawa barang…. Ada yang sudah melakukannya? Silahkan sharing di kolom komentar.

Bonus : Kansas…..Carry on wayward son

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

8 Komentar

  1. Jaring/jala biasanya mulur gak kenceng lagi. Sebaiknya kalau sampai rumah/tujuan jaring dilepas agar tidak terus ketarik.

  2. Wah disediain ginan juga yak … ya lumayan lah dari pada di cantelin di stang …
    udah fitrahnya motor full fairing radius putarnya besar di tambah barang bawaaan kalo di cantelin di stang yang tambah lebar lagi lah .. šŸ˜€

Silahkan Beropini