Metik Dek Tengah “Njendul” Strata Emang Lebih Dibanding Yang Rata

ilustrasi
suzuki

Yola dulur yang budiman…. pro kontra antara metik yang punya lantai dek njendul di tengah dengan yang rata masih saja terjadi. Yang pro dek rata mengatakan bahwa metik dek tengah njendul itu ngga cocok, nggak fungsional, susah untuk bawa barang. Yang cocok adalah metik yang deknya rata. Well… karena ngadimin merasakan sendiri metik dek rata dan dek njendul di aktivitas sehari-hari, mempunyai opini lain. Strata metik dek njendul emang lebih dibandingkan metik dek rata.

Lho…. emang ngadimin punya N-Max, Aerox 155 atau X-Max?…… Hehehe… NGGAK….. tapi ngadimin memelihara skywave dan miyoje saat ini. Keduanya bisa sedikit mewakili perbandingkan antara metik dek rata dan dek njendul. Bisa mewakili karakter metik dek rata dan dek njendul. Apa itu? metik dengan batang sasis tengah besar dan sedikit menggantung seperti sasis moped membuat metiknya lebih stabil saat kecepatan tinggi atau buat perjalanan jauh dibandingkan metik yang deknya rata… that’s it. Itulah perbedaan karakter paling utama secara rasa metik.

L Sebelum berlanjut, mari kita menyelami kenapa ada yang bilang metik dek rata lebih cocok daripada dek njendul. yang ngadimin rasakan, saat memakai miyoje yang punya dek rata, motor terasa ringan, lincah serta yang paling ngenakin adalah saat harus membawa berbagai macam barang. Karena dek rata, maka kemampuan membawa barang lebih kapable dibandingkan si siwi, skywave. kalok pake si siwi, barang harus dicantolin di pengait, di miyoje ngga, tinggal letakin…. beres. Itulah dasar opini yang mengatakan metik dek rata lebih cocok.

Ilustrasi

Well… ada benarnya juga mengatkan seperti itu. Jika anda hanya punya 1 metik dan digunakan untuk menunjang hampir semua aktivitas anda mungkin metik dek rata lebih cocok. Metik sebagai kebutuhan sebuah moda transportasi serbaguna. Ibarat kata, metik sebagai kebutuhan primer, kebutuhan pokok alat transportasi roda dua. Hampir sama kelasnya dengan sebuah motor bebek atau moped. Satu motor buat rame-rame.

Sedangkan metik dek njendul, kapasitas kemudah dalam membawa barang memang lebih terbatas, nggak bisa ngeletakin dus mie instan berisi beras, pisang dang rengginang di situ. Tapi metik dek njendul seperti skywave dan lainnya diberi tempat barang seperti bagasi yang relatif lebih besar. Walaupun memang diakui lebih praktis dek rata. Untuk aktivitas harian, atau kerja masih sangat mendukung, dengan syarat membawa barang yang terbatas. Seperti istri ngadimin yang membawa skywave buat ngantor ke puskesmas, keliling desa melayani posyandu dengan membawa barang-barang seperti dokumen atau obat-obatan, metik dek njendul masih reliable. Kecuali harus bawa galon air, kotak kerdus, karung, jelas akan bikin ribet.

Namun keterbatasan membawa barang yang tidak sefleksible metik dek rata terbayar dengan kemantaban sasis saat buat perjalanan jauh atau kecepatan tinggi. Karena secara fungsi lebih terbatas dibandingkan dek rata, maka metik dek njendul menjadi opsi berikutnya setelah metik dek rata. Atau boleh dibilang menjadi kebutuhan sekunder. Metik dek njendul bisa menjadi opsi jika anda ingin lebih menikmati metik ke segi gaya atau bersenang-senang menikmati sebuah metik. Sehingga sisi fungsionalitas bisa menjadi nomer 2.

Bagaimana ngadimin bisa mengatakan metik dek njendul stratanya lebih dibandingkan dek rata? Ya seperti yang ngadimin terangkan di atas. Jika anda memutuskan memiliki metik dek njendul, maka anda sudah tidak memikirkan sebuah metik yang serbaguna, bisa untuk segala macam. Anda hanya ingin untuk bersenang-senang dengan sebuah metik yang juga bisa menunjang aktivitas harian. Sedangkan kebutuhan pokok, primer sudah terpenuhi sebelumnya.Kebutuhan sekunder stratanya jelas lebih tinggi dibandingkan kebutuhan primer.

Fastron techno dan spark di mio j

Makanya metik dek rata adalah hal yang sangat wajib hukumnya buat metik entry level. Metik yang menjadi sasaran utama menjadi motor pertama, atau satu-satunya motor di rumah. Sedangkan metik dek njendul, minimal untuk metik kelas medium atau sekalian premium, mtik opsi kedua setelah punya metik dek rata. Itulah kenapa ngadimin lebih nyandu ke si siwi daripada ke si miyoje….. bagaimanapun asyikan dek njendul buat seneng-senang…. si miyoje mah buat belanja ke warung saja…. 😀 :mrgreen .

Bagaimana dengan eskalasi metik medium seperti aerox, n-max, vario 150? Sama saja……… dek njendul lebih tinggi stratanya….. Ini juga akan berlaku buat suzuki dengan supermetiknya nanti….. njendul emang lebih buat senang-senang….. rata untuk kebutuhan pokok…. Saat yang pokok sudah terpenuhi, baru cari yang njendul. Jika punya 1 langsung cari yang njendul, ya silahkan menikmati resikonya….. ga bisa bawa pisang, rengginang, beras dibungkus dus indomie, ngga bisa bawa galon aer atau tabung gas 12 kg….. 😀 😀 :mrgreen .

Bonus : Thunder… Low life In High places

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

7 Komentar

  1. bagi saya, nmax merupakan kendaraan primer, segala aktivitas pake nmax, kalo mau beli galon, atau beras ya tinggal telpon ke toko langganan, tinggal nunggu dah dianterin.. gampang thoo…?

  2. kalau buat aktivitas selain angkat2 ada si Gixsi (gsx silver)
    kalau buat angkat beras ada si Shobi (shogun biru)
    jadi pengen matic dek rata buat kulakan rokok, kulakan mie instan, untuyk aktivitas dalam kota saja

  3. Shering dikit om, sy ada hayate di rumah zaman dulu ragu mau ambil ini motor, setelah punya sy baru tahu keunggulan dek jendul. referensi bloger juga waktu itu

    OM deka coba bawa galon aqua 2 di tiduri ditengah, – di hayate bisa bahkan PNP untuk galon pertama.
    (tukang galon suka lemot sms pagi diantar sore)

    bawa beras 25 kg taruh tengah – (bedakan kalo pakai dek rata kaki gak bisa nyelip, kalo pake hayate bisa nyelip).

    bawa gas 3kg bisa pnp – letakan di antara jok dan pengait.(kalo beli gas di tukang antar gas suka cepet habis anehhh… jadi langsung ke agent)

    bawa stroler bayi kembar taruh di tengah

    bawa sepeda anak usia 5 tahun taruh di tengah

    bawa 2 dewasa dan 3 anak brat total 250 kg (maklum masih nabung buat beli gerobak nya)

Silahkan Beropini