Statistik Pengereman Sirkuit Jerez: By Brembo

suzuki

Yola dulur yang budiman….Menjelang gelaran motoGP seri Jerez minggu besok, Brembo kembali memaparkan data pengereman sirkuit tersebut. Maklumlah, semua pebalap motogp mengandalkan piranti rem milik pabrikan Itali tersebut, jadi dengan mudah brembo memperoleh data pengereman semua pebalap motogp. Brembo memaparkan data statistik pengereman yang dilakukan oleh seorang pebalap di sirkuit jerez.

Sirkuit yang mempunyai panjang total 2, 748 miles atau 4,61 Km ini punya perbandingan yang seimbang antara tikungan berkarakter lambat, cepat, dan sangat cepat. Punya 8 tikungan ke kanan, 5 ke kiri.  Jadi 31 persen sirkuit berupa tikungan dan punya banyak spot untuk melakukan passing atau menyalip. Karakter sirkuit ini membutuhkan motor yang punya balance yang bagus serta daya pengereman yang stabil.

Jadi dari awal seri motogp, seri jerez inilah pebalap paling diuji skill mengeremnya dibanding 3 sirkuit sebelumnya. Dari perhitungan insinyur Brembo, dari skala 5, sirkuit jererz mempunyai level skill mengerem level 4, hampir sama dengan sirkuit Aragon dan Brno.

Dalam satu lap sirkuit jerez pebalap melakukan 11 kali pengereman dengan total waktu yang dibutuhkan 33 detik tiap lap untuk mengerem. Memang waktu yang dibutuhkan tidak selama saat pengereman di sirkuit austin 38 detik dan Losail 37 detik. Namun jika dibandingkan dengan panjang sirkuit, persentase mengerem di jerez lebih tinggi, bahkan tertinggi yaitu 33%.

Seberapa tenaga yang dibutuhklan oleh pebalap untuk mengerem selama race di jerez? Total diperoleh hasil 1,543 ton tenaga yang dibutuhkan untuk menekan lever rem selama balapan, dari lampu start sampai bendera finish berkibar. Tenaga yang sama dibutuhkan untuk pengereman di Losail dan Valencia.

Dari 11 seksi pengereman di sirkuit Jerez, terdapat 2 titik yang paling membutuhkan daya pengereman terbesar, 5 titik medium, dan sisanya pengereman low impact. Titik pengereman yang paling rumit adalah pada tikungan pertama (Expo 92) yang mana ditemui setelah track lurus 656 yard atau 600 meter, yang merupakan trek terpanjang di lintasan. Pebalap mulai mengerem pada kecepatan 174,6 mph (293km/j) dan harus mengerem selama hanya 4,6 detik, di mana mereka mengerem dengan jarak  239,5 meter. Untuk drop ke 53 mph (90 km/j), mereka menerapkan beban sebesar 15,21 lbs. Pada tuas rem dan mengalami deselerasi maksimum 3.307 lbf.

Tehnik pengereman pada tikungan 6 (Dry Sack) juga cukup sulit. Motor MotoGP melaju dari 182,1 mph (306 km/j) menjadi 40,39 mph (68 km/j) dalam jarak 275,6 meter dan 5,5 detik. Namun, beban pada tuas (14,55 lb) lebih rendah, seperti tekanan di cairan rem Brembo HTC 64T (166,8 psi) dan perlambatannya 3,086 lbf, yaitu 0,4409 lbf. Lebih tinggi dari kemampuan mengerem di mobil Porsche 993 Turbo dari kecepatan 124,3 sampai 0 mph .
Itulah data tehnis pengereman tiap pebalap motogp di sirkuit jerez oleh pabrikan rem brembo.
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

Be the first to comment

Silahkan Beropini