Pengamatan Perubahan Warna Oli Saat Uji Droptest Bisa Dikaji Ulang

Yola dulur yang budiman…. uji drop test oli, yaitu menguji kelayakan oli mesin menggunakan tissue dan dipstik sudah mahfum dilakukan di kalangan anggota sesaters. Namun setelah membaca referensi lain, dan mengamati sendiri, sepertinya uji ini bisa dikaji ulang dan bukan parameter absolute.

Dengan mengamati perubahan warna saat uji droptest memang bisa dipakai sebagai parameter kapan oli mesin akan diganti dengan yang baol. Saat warna menjadi gelap keruh, bisa menjadi parameter oli harus diganti. Test ini lebih masuk akal daripada hanya mengira-ira ( kok nggak mengdesi-desi atau mengeva-eva ya? :mrgreen: ) olinya sudah jelek. Namun sejalan dengan bergulirnya waktu dan ditemukannya fakta-fakta baru, hasil droptest bisa jadi perlu dikaji ulang.

Setelah berdiskusi dengan bro Piotr asal Polandia, perubahan warna oli bukan satu-satunya patokan oli telah turun kualitasnya. Doi mencontohkan bahwa oli kelas wahid seperti Amsoil Signature series saja, setelah pemakaian sekitar 2000-3000 km akan terjadi perubahan warna yang signifikan. Apakah dengan perubahan warna oli menjadi gelap membuat oli amsoil jadi tidak layak pakai setelah 3000 km?

Jawabannya, ternyata amsoil tersebut masih cukup bagus kualitasnya. Padahal jika diuji droptest, oli yang awal tiangnya berwarna kuning bening menjadi gelap total, menghitam. Sudah membuat hati was-was….jangan-jangan oli sudah eol…sudah teroksidasi penuh, base oil sudah rusak, oli sudah gosong dan lain-lain.

Contoh lain yang lebih ekstreem adalah oli merk Liqui moly. Siapa yang menyangsikan kualitas liquimoly? Oli buatan jerman yang punya banyak sertifikasi mentereng. Salah satu seri olinya, Liqui Moly MOs2 sae 10w-40 dasarnya memang sudah berwarna hitam..gelap… Apakah itu menandakan oli bekas? 😀 . ya tentu tidak…..

Namun bagaimanapun, uji droptest tetap menjadi salah satu cara untuk melihat kelayakan oli mesin saat ini, khususnya jika anda masih menggunakan oli-oli umum seperti merk pertamina, mobil, shell, castrol. Tapi…. Tetap harus menggunakan catatan khusus…. reaksi mesin itu sendiri….

Beragamnya warna oli serta mudahnya oli berubah menjadi gelap saat terbakar, akan kita bahas next artikel. Agar wawasan perolian kita menjadi bertambah luas.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Silahkan Beropini