Norton Rotary Engine Will Rise Again…..

suzuki

Yola dulur yang budiman…..info dadakan dari MCN. Ada sebuah berita yang cukup menarik bagi ngadimin, yaitu soal mesin rotary atau bagi kalangan terbatas menyebutnya dengan mesin Wenkel. Mesin ini menarik karengan sangat efisien dalam penyaluran tenaga serta dimensinya yang lebih kecil. Kubikasi yang dibutuhkan hanya separuh dari mesin dengan piston konvensional 4 stroke untuk mencapai performa yang hampir sama. Dan kini Norton mulai dengan proyek motor bermesin rotary kembali.

Pabrikan motor asal Inggris ini sendiri pernah mengeluarkan motor bermesin rotary di tahun 1989 dengan RCW588. Walaupun dalam skala kecil, taitu balapan TT Isle of man dan BSb, namun motor mereka bisa memporak-porandakan motor bermesin piston konvensional. Kini dengan Brian Crighton, Norton mulai riset lagi motor bermesin rotary, performa 200 BHP. Riset sendiri bekerjasama dengan spesialis mesin rotary, Rotron soal mesinnya. Sementara untuk motor balap dulu, kemudian versi jalan rayanya akan mengikuti.

 

Motornya berkode CR700P, dengan mesin twin-rotor 700cc, yang menghasilkan 200bhp pada 11,000rpm dan memiliki torsi puncak 110ftlb di 9500 rpm. Casing mesin diambil dari motor racing Norton RCW 588, tapi Crighton telah membuat perubahan yang signifikan.

Ini dibangun dengan mesin prototipe menggunakan casing Norton. Untuk produksi kita harus membuatnya sendiri, jadi saya pikir kami mungkin juga merancang mesin kita sendiri. Yang baru akan memiliki gear Drive bukanbelt dan saya akan meringkas mesin dengan model gearbox bertumpuk. Ada juga beberapa perubahan besar pada sistem pendingin,” Craighton mengungkapkan.
Dengan mesin rotary, karena tanpa setang piston, maka umur mesin bisa lebih panjang daripada konvensional 4 stroke. Sedangkan kelemahan mesin rotary, yaitu bercampurnya oli mesin dengan bahan bakar karena problem seal tip dari logam, pihak Rotron sudah mengatasinya. meskipun dalam ajang balap, gejala tersebut tidak bermasalah, namun untuk motor jalan raya akan menjadi masalah karena aturan Euro. Meskipun masih merahasiakan tehnologi apa, mereka mengklaim mesin rotary baru kali ini lolos aturan euro 4.
Setelah motor prototype ditest oleh tester balap, hanya satu kalimat : Its totaly fucking quick !!!! . Setelah versi prototype, mereka ingin agar segera ke jalur produksi. namun mereka sudah mewanti-wanti bahwa produksi motor kali ini tidaklah murah. Kenapa? karena motor ini tipikalnya paling dekat dengan performa sebuah motor motogp. Motor dengan bobot hanya 136 kg ( hampir sama dengan bobot motor 150 cc seperti GSX-R150 ) tapi punya performa 200 BHP, sungguh mengerikan.
“We haven’t sorted the price but it’s going to be expensive. That said, it’s going to be one of the closest things you can get to a MotoGP bike. There are powerful bikes out there, but they can’t come close to the weight and feel of this.”
Berikut ini detail motor prototype mereka
 Custom-made chassis
No suspension linkage
Suspensi belakang cukup unik karena tidak pakai sistem Link, tapi langsung nempel di swing arm, mirip dengan suspensi belakang metik p[ada umumnya di sini.
Kaki-kaki Mewah
mengandalkan suspensi Bitubo, rem 4 piston kaliper Brembo, AP Lockheed rear caliper dan Dymag carbon wheels.
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

5 Komentar

  1. rotary, cc kecil tenaga gede borosnya juga hampir 3x kayak cc mesin piston, belom lagi haus oli, tiap 1000 km harus nambah oli…
    pengalaman temen pake rx8…

Silahkan Beropini