Data Pengereman Brembo Di MotoGP Argentina 2017

Yola dulur yang budiman….dapat info dadakan nih dari brembo saat balap motogp kemarin di sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina 2017. Brembo yang mensuplai seluruh sistem rem pembalap kelas premium tentu punya data pengereman semua pembalap kelas premium. Menurut Brembo, tehnik pengereman di sirkuit ini punya level medium, angka 3 dari skore 5, sama dengan tehnik pengereman di sirkuit losail.

Titik Pengereman

Sirkuit Rio Hondo mempunyai 14 tikungan, dan ada 8 titik pengereman. Dari semua titik pengereman sirkuit ini, tikungan ke-4 membutuhkan 3 titik pengereman. Tiap lap, para pembalap membutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk mengerem motor mereka. Total waktu yang dibutuhkan untuk mengerem adalah 12,5 menit dari semua waktu yang dibutuhkan dalam satu balapan penuh, atau nyaris 30% waktu balapan adalah skill mengerem…. jika tidak ndlosor duluan ya…. :mrgreen: .

Rata-rata daya deselerasi tiap lap adalah 1,11 G, itupun sudah dimasukkan daya pengereman di tikungan 11 yang cukup ringan gayanya, yaitu 0,6 G, hasil dari deselarsi dari 160 km/j ke 90 km/j, teringan dari semua titik pengereman. Jika tidak dimasukkan maka gaya pengereman rata-rata akan lebih besar lagi. Untuk tenaga yang dibutuhkan tiap pembalap untuk menarik tuas rem dari start sampai bendera finish, di sirkuit termas de rio hondo dibutuhkan tenaga total 900 kg. Motor motgp dilengkapi dengan Brembo 320mm or 340mm carbon discs.

Sircuit Section yang Paling Butuh Daya Pengereman

Dari 8 titik pengereman di sirkuit ini, 1 titik yang paling membutuhkan skill pengereman tinggi, 4 seksi level medium dan 3 sisanya ringan. Tikungan 5 adalah yang paling menantang karena didahului oleh jalur lurus panjang 1,076 meter di mana motor MotoGP berkecepatan 201 mph (324 km / h). Hairpin kecil ini memaksa pebalap mengurangi kecepatan sampai hanya 78 km/j dari 324 km/j. Mengerem dengan tenaga sekitar 6,3 kg di tangan pebalap selama 6,1 detik. Tekanan di  brake fluid rem Brembo HTC 64T mencapai 10.9 bar, atau 2.5 kali lebih besar dari tekanan 1 kaleng Coca Cola. jarak pengereman di seksi ini mencapai 316 meter.

 

Sedangkan di titik pengereman level medium, seperti pengereman pertama setelah garis start yang membutuhkan jarak 240 meter. Motor berdeselerasi dari kecepatan 271 km/j ke 106 km/ j, mempunyai efek sebesar 1,2 G, sangat berbeda dengan 1,5 G di tikungan 5. Meskipun level medium, ini tetaplah lebih tinggi daripada efek G di mobil balap jalanan yang hanya 0,9 G.

 

Nah… jadi kita tahu bagaimana tersiksanya seorang pembalap motogp saat balapa di atas sirkuit. Apalagi ditambah dengan jok tipis setebal karpet sepatu…. Jian ora umum tenan…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

Silahkan Beropini