Cerita Sipiter Yang Bikin Kesengsem Tuan Barunya

suzuki

 

Yola dulur yang budiman….. ini adalah catatan ngadimin bersama mantan tunggangannya, sipiter jupiter mx 2013. Beberapa bulan yang lalu, ngadimin melepaskan sipiter ke pelukan tuan barunya. Ada cerita menarik dibalik penjualan motor tersebut.

Sipiter awalnya dulu dibeli di cirebon dengan harga 16 juta pas, karena dapat diskon 1 juta. Itupun iseng karena dirayu-rayu oleh pegawai bca 😀 . Kemudian sering untuk long riding cirebon-bogor kalok ngadimin ingin pit-pitan. Jadi memang bukan motor simpanan. Hanya saja sekali pakai langsung jauh, kemudian ngendon beberapa hari.

Kemudian di masa-masa akhir pengabdiannya, sipiter deka tinggal di rumah cirebon. Mangkrak karena ibu negara ngga bisa pakek motor bergigi, apalagi kopling. Jadi sipiter dipanasi mesinnya hanya jika ngadimin pulang tiap 2 minggu sekali.

Oh iya… Kondisi sipiter sendiri adalah motor full sutandar, hanya diganti ban 1 step lebih gede depan belakang, lampu osram all season super, ganti aki merk green sand 😀  dan mematikan AHO. Bbm campuran kadang pertamax, pertalite, kadang premium…plus kopi motor SPARK. Sedangkan oli mesin sudah 2 tahun memakai oli diesel, fastron diesel dan mobil delvac mx.

Motor juga jarang servis ke bengkel, tune up sendiri. Jadi yaahh…ikatan dengan deka sangat kuat, karena ngerawat sendiri.

Ceritanya menjelang dijual, deka nggak pulang selama 20 hari, sipiter nggak ada yang manasin. Setelah diiklanin di jual beli online, selang 1 hari ada yang tertarik. Padahal posisi deka ada di bogor, jadi pasrahin ke istri dan kerabat. Awalnya nawar-nawar dari harga yang deka minta, 11,5 juta. Deka bilang cek dulu barangnya silahkan nilai sendiri.

Dari cerita istri, setelah menerima kunci kontak,  dicoba tombol stater, ternyata lansung greng…dibilangin motor 20 hari nggak dipanasin. Kemudian sambil ngurut gas, terdengar suara mesin yang halus, agak ngebas di knalpot. Temen pembeli bilang, “wah… Ini mah seperti motor baru….” .

Kemudian dicoba jalan sebentar, doi tersenyum puas…hualusss getarannya, katanya. Kemudian khas orang timur, tetap nawar…. Namun istri bilang kalok nggak 11,5 mending nggak usah dibeli… Tanpa ba..bi…bu pembeli langsung mengeluarkan segepok duit sesuai harga. Kemudian stnk, bpkb, dan kunci ( plus cadangan ori ) diserahkan.

Doi WA ke deka, hal spesifik apa yang perlu menjadi catatan… Deka hanya bilang, oli mesin masih bisa kepakai 4000 km lagi baru ganti. Dan tolong pakai fastron diesel… Sesaat dia shock…namun setelah diterangkan udah dipakai hampir 2 tahun dia merasakan sendiri kondisi mesinnya, baru deh dia percaya. Bahkan motor lamanya juga akan memakai oli yang sama…. :mrgreen:

Dan sampai sekarang doi ngga nelpon balik, menandakan motornya fine-fine saja… Sungguh menyenangkan memindahtangankan motor dan pembelinya sangat puas dengan kondisi motornya. Ada sedikit rasa melankolis, tapi yah…. Sudahlah, mau koleksi motor juga buat apa? Belum wayahnya…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Komentar

Silahkan Beropini