Cara Membangun Motor Trackday Untuk Pemula

suzuki

 

Yola dulur yang budiman…. mendengar kata trackday, pikiran kita langsung mengacu ke balapan para master, suhu, pembalap motor di sirkuit yang punya skill balap luar biadab…eh luar biasa. Padahal di luar negeri sono, yang namanya trackday adalah ajang untuk menyalurkan hobby ngebut secara aman di sirkuit, bukan di jalan raya. Jadi bukan melulu trackday dikuasai oleh para pembalap dengan skill mumpuni, para pemula pun melakukan trackday. Nah kali ini kita akan bahas cara mempersiapkan, membangun motor kita agar bisa digunakan untuk trackday.

Trackday adalah ajang dimana kita mengasah skill berkendara motor layaknya para pembalap. Kita diajak untuk mengasah skill, trick riding, serta mencari kesenangan di atas motor kita. Sedangkan motor kita yang masih default pabrikan perlu disesuailkan dengan keperluan trackday tersebut. Motor yang biasanya digunakan di jalan umum kita sesuaikan dengan kondisi track yang akan memberikan stress berlebih pada motor kita. Namun selain itu, motor trackday juga masih layak digunakan untuk jalan raya di keseharian kita. Pada intinya syarat membangun motor untuk track day adalah : reliability ( kehandalan ), safety (keamanan), survivability (daya tahan), dan pengeluaran uang tepat dengan apa yang dibutuhkan sesuai dengan tingkat skill anda.

Untuk pemula, yang perlu disesuaikan di motor anda adalah sebagai berikut :

Mesin

Di luar negeri sono, mereka membiarkan mesin motor dalam keadaan standard dulu. Kita belajar memaksimalkan potensi mesin default motor. Jika mesin motor berkualitas bagus, tanpa ubahan apapun sebenarnya sudah siap untuk trackday. Hanya perlu penyesuaian saja seperti

Gunakan baut titanium atau baut mesin yang lebih kuat untuk menghindari kebocoran mesin karena stressing tinggi di sirkuit. Lakukan pemasangan kawat pengaman di baut oli maupun baut pembuangan oli.

Jangan lupa kencangkan semua hostclamp, termasuk pengaman filter oli dan gunakan kawat pengaman.

Pengaman/Protector

Ini adalah hal sangat penting untuk motor trackday. Ingat, selain digunakan untuk ngetrack, motor juga merupakan kendaraan sehari-hari kita. Dengan adanya protector, maka akan mengurangi resiko kerusakan di motor saat terjadi kecelakaan atau crash. Pengaman tersebut adalah

Jalu pengaman swingarm…. selain sebagai pengaman juga bisa berfungsi untuk dudukan standar paddock

Frame slider untuk melindungi mesin dan fairing

Pengaman knalpot

Gunakan brake lever dan kopling lever model lipat. Sehingga saat terjadi crash, lever bisa melipat, tidak patah

Umumnya sih sudah terpasang di motor default kita… Jalu stang atau bar end slider

Refairing ( Opsional)

Jika anda ingin meningkatkan sisi aerodinamika, maka bisa saja nada mengganti fairing bawaan dengan fairing custume. yang perlu diperhatikan adalah fairing yang mudah dalam pemasangannya, sehingga saat dilakukan pengecekan mesin atau memasang fairing asli untuk digunakan di jalan umum aplikasinya mudah. Di sini disarankan penggunaan jenis baut yang plug n play seperti model kait atau Dzus fastener . Ingat, pakailah fairing boidi yang benar-benar sesuai dengan dudukan aslinya agar bisa tercengkeram dengan erat dan menghindari kekendoran fairing.

Meringankan Bobot Motor

Ini juga salah satu hal penting untuk motor trackday buat pemula. Selain meningkatkan performa motor dengan mudah, cara ini juga tanpa merubah spek mesin bawaan pabrik…. aman jaya. caranya adalah menggunakan part-part aftermarket yang lebih ringan, seperti kanlpot racing aftermarket.

Nah… buat pemula track day, ubahan seperti ini saja sudah cukup untuk meningkatkan skill riding anda di atas sirkuit. Jika sudah dirasa ada peningkatan skill dan performa motor anda kurang mendukung, maka lakukan upgrade next step, khususnya sektor mesin dan suspensi.

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

4 Komentar

Silahkan Beropini