Oli Diesel Bikin Kerak Menumpuk Di Mesin Motor?

contoh oli diesel
suzuki

Yola dulur yang budiman….berawal dari japri rekan yang menanyakan, apakah oli diesel buat motor itu bikin kerak menumpuk? Terus doi menyodorkan tulisan di media terkenal dengan wawancaranya dengan ” ahli Perolian”. Hmmm…. lantas ngadimin bilang belum baca artikel tersebut, namun setelah baca, jadi paham apa yang dimaksud dengan pembentukan kerak tersebut, tapi bukan 100% guaranteed benar ya… half truth.

Yang distatmentkan oleh ahlioli tersebut emang benar…. oli diesel bisa menyebabkan penumpukan kerak di mesin. Namun itu adalah syarat dan ketentuan berlaku, alias dalam kondisi tertentu.  Yang distatmentkan emang tidak salah, namun dari hasil membaca literasi-literasi dunia perolian, ada hal khusus yang menyebabkan oli diesel membuat tumpukan kerak di ruang bakar. Jadi tidak semua oli diesel menyebabkan tumpukan kerak, atau soot dalam ruang bakar. Sudah dibilang…. itu pada oli-oli diesel tertentu.

Mungkin yang dimaksud oleh narasumber adalah olie diesel yang mempunyai kadar SPASH dan ZDDP yang tinggi. Lho?? apa itu spash? apa itu ZDDP? hubungannya apa dengan kerak mesin? yuukkk, kita obrolin bareng-bareng.  Spash secara umum adalah penyebutan dari sulphated ash, atau abu sulfat yang terkandung di dalam oli, spash dihasilkan dari kandungan additive yang mengandung logam dalam oli yang terbakar . Rata-rata di oli diesel memang mempunyai kadar spash di atas 1%, bahkan di oli diesel maritim bisa mencapai lebih dari 3%.

Jika berlebihan, atau hasil spash dalam oli ( apapun jenis olinya ) berlebih maka abu inilah yang akan menjadi sludge dan membuat kerak. Begitu juga dengan ZDDP, jika terbakar akan meninggalkan deposit di dalam piston. Zinc Dialkyldithiophosphate, merupakan senyawa anti-wear yang mengandung Zinc dan Fosfor. Selain buat antiwear juga berperan sebagai detergent atau pembersih mesin. Baik kadar spash atau zddp, tiap oli, termasuk oli diesel mempunyai kandungan yang berbeda-beda tiap merknya.

contoh datasheet

Kenapa ada oli diesel mempunyai kadar spash dan zddp tinggi? karena buat mengimbangi penggunaan bahan bakar solar yang lebih kotor dibandingkan bensin, khususnya kadar sulfurnya. Namun jangan “gebyah uyah”, menyama-ratakan semua oli diesel mempunyai kadar spash dan zddp tinggi. Seiring perkembangan jaman, kedua kadar tersebut juga dibatasi dalam kandungan oli sesuai sertifikasi API. Bahkan kadarnya bisa sama dengan kadar di oli mobil bensin karena makin bersihnya bbm yang diproduksi.

Banyak sekali jenis oli diesel yang kadar spash dan zddpnya masih ditolerir, bahkan cukup “ideal”. Darimana tahunya? Ya dari baca PDS dan MSDS laahhh….. oli yang fair, pasti mempunyai  datasheet kandungan olinya apa. Justru yang menyembunyikan atau malah membuat sendiri datasheet secara abal-abal lah yang perlu dicurigai.

Jadi jika anda memakai oli diesel yang spesifikasinya pas, ya tidak akan terjadi penumpukan soot atau kerak di dalam ruang bakar. Kok ribet amat umm mau pakek oli sesat aja. Namanya juga memakai jalur sesat…. ya harus ikutin syarat dan ketentuan berlaku lah….. mau pakek sambil merem ya pakek oli MCO saja…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

35 Komentar

  1. kemaren ane pake castrol magnatec 10W-40, klo pake lebih encer 5W-30 kira2 gimana ya? motornya xride ama xeon.

    btw ane baru ngerasain keenakan long drain hehehe

  2. apakah Meditran SX SAE 15W-40 termasuk yg jelek Om?
    ane udah pakai ini oli selama hampir setahun di Jupiter Z 110, dan impresinya malah mesin tarikannya lebih mantab dan lebih tidak cepat panas klo buat long trip dibanding Yamalube.

    • msx terasa lbih smooth dan adem krn masih mineral masbro, minusnya ya tdk akan selongdrain pfd.mau yg lebih enteng? ntar tunggu superfleet 10-40 ya 🙂

      • Superfleet brati lebih baik daripada PFD dong? kalau Dg Shell Rimula gimana?

        Dan kalau pengen Superfleet bisa kontak 78deka.com kan?

        bhuahahaha…. XD

        • aku nggak bilang bagusan mana, da selevel kok, sama2 semisynth..yg jelas sih smooth banget di jupi mx kemarin. shell rimula setahuku masih mineral ya… kek mdmx

  3. mantab bang kudo. masih bingung nih sama PFD atau PFT buat OCB. sementara lagi flushing pake MSX. sebelumnya pake enduro racing hampir 3 tahun

    • Patokannya 1%, zddp jg sama 1000an ppm….makin lebar selisihnya, kurang atau lebih makin beresiko tdk aman. Krn tdk ada standar kadar berapa

  4. Aku kemaren pake castrol magnetec 10w -30, pemakaian pertama aman, di pemakaian ke 3 kok bunyi suara mesin kayak suara rante keteng kendor atau klep gitu, sama kayak oli gak naek. Jd serem. Terus balek ke oli normal shell advance pemakain pertama masih ada suara, cuman yg kedua suara ilang. Apa berarti gak cocok pake oli diesel. Motornya honda old cb150r

    • castrol magnatec bukannya pcmo ya masbro? old cb150 direct tappet, paling aman api SL, suara kasarnya bukan krn oli ngga naik, tp sepertinya keenceran, udah biasa pakai shell ax7 yg 10-40 kan?

      • castrol magnetec ada 2 om, yg 10w-40 bisa untuk bensin dan diesel, yang 10w-30 untuk diesel aja. iya biasa emang pake shell ax7 om. oli hdmo yg api SL apa ya om?

        • Sl max umumnya sj jika pcmo… Hdeo bs cf, ch, ci4…. Yg penting sae 10 atau 5-40…. Kl ncb dan metik honda hdeo 10-30…. Ini, saya jg lg proses pengadaan hdeo gulf 10-30

  5. mas deka..sy rutin pk SGO 20w50 di FU saya plus rutin pertamax. secara tu oli kan kental apakah kerak akan menumpuk di ruang mesin ?

    • Mesin suzuki lama emang bawaannya sae 20-50…. Kalok mau coba yg agak encer hdeo 15-40 spt gulf superfleet… Soal kerak, masih aman lah, spashnya hanya 1,4

Silahkan Beropini