Cara Blokir STNK Biar Ngga Kena Progresif…. Mudah Dan Gratis

 

Yola dulur yang budiman…kebetulan ngadimin senin kemarin melakukan pemblokiran stnk motor-motor yang sudah pindah tangan. Maklum sekarang pajak progresif galak banget. Gampang kok caranya, gratis lagi.

Beberapa motor ngadimin emang sudah banyak yang berpindah tangan seperti bajaj pulsar, tiger, tvs neo, jupiter mx, dan honda beat. Ternyata beberapa dari motor tersebut belum pada balik nama, makanya jika ngadimin punya motor lagi bisa keitung tuh pajak progresifnya berapa? Mosok motor udah nggak kita miliki masih jadi beban kita? Satu-satunya jalan ya blokir saja stnk-nya biar motor baru kita bayar pajaknya sesuai dengan kepemilikan.

Awalnya sudah kepikiran bakalan ngeluarin biaya banyak…eh ternyata malah nggak keluar sesenpun. Paling hanya buat beli materai 6 rebu ( kebetulan masih punya ) dan fotocopy ktp ( ini juga masih punya 2 ). Selama kita sendiri yang mengurus, hanya itu modalnya, mau 10 motor yang mau diblokir juga cumak butuh 1 materai doang. No more payment, no more pungli.

Caranya adalah  sebagai berikut :

  • Siapkan materai 6000 1 lembar, fotocopy pemilik sah motor 2 lembar
  • Datangi kantor samsat area anda
  • Tujuannya adalah bagian progresif, jangan ke bagian perpanjangan atau mutasi, biasanya ada tulisannya
  • Bilang saja ke petugas, mau blokir kendaraan
  • Anda akan dimintain fotocopy ktp dan materai
  • Petugas akan mengecek motor apa saja yang anda miliki dan menanyakan motor mana yang akan diblokir
  • Setelah disebutin motor mana yang diblokir, anda akan diberi formulir blokir.
  • Gampang kok isinya, tinggal isi kolom jenis motor sesuai stnk, serta tahun pembuatan motor, tanda tangan di atas materai, serahkan kembali ke petugas
  • Setelah itu tunggu proses, anda akan dipanggil lagi, konfirmasi motor sudah diblokir dan diberi bukti pemblokiran
  • Selesai, silahkan keluar, bisa udud-udud di kantin sebelum pulang 😀 😀

Mudah dan gratis kan? Ayo blokir motor anda yang sudah terjual, biar nggak ikut-ikutan kalok motor yang terjual tersebut kena kasus kriminal. Dan pula menghindari pajak progresif yang bikin dompet menjerit.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

4 Komentar

  1. Kalo motornya ilang 3 tahun lalu, tetapi nga ada surat laporan kepolisian. Stnk dan bpkb lengkap Masih bisa di blokir nga bro?

Silahkan Beropini