Oohh… Ternyata Inilah Rahasia Saladbox Ducati Desmo GP17

suzuki

 

Yola dulur yang budiman….semenjak uji pra musim sepang beberapa lampau, team ducati corse memunculkan sebuah misteri di motor mereka, ducati desmo GP 17. Saladbox…. Begitu kita sebut misteri itu, dan setelah sekian lama, kini sedikit terkuak dari pengamatan Simon Paterson kontributor mcn.

Sebuah box hitam tertempel di bagian buritan bawah, tepat di bawah pantat motor begitu menonjol. Salad box sebutan team ducati sebagai joke bahwa box itu mirip dengan penimpan makanan bekal makan siang.

Dugaan dan prediksi menyebar ke seluruh media penggemar motogp tentang fungsi box tersebut. Tidak mungkin dipasang jika ducati tidak butuh box itu. Awalnya kita duga sebagai komponen yang bisa membantu motor ducati mengurangi masalah di motornya…. Susah belok.

Awalnya diduga ultra-advanced anti-wheelie gyroscopes to F1-inspired anti-chatter jounce dampeners. Alias sejenis Gyroskop anti wheelie, anti chattering terinspirasi dari tehnologi formula 1 ( kek asimo nya honda ).

Namun mr paterson dengan jeli melihat itu bukanlah komponen salad box yang berisi macam-macam gyroscop. Rahasia ini terkuak saat ducati melakukan uji motor dengan winglet radikal. Melihat desain motor bagian kepala, winglet segede gaban itu memakan banyak tempat.

Wingletnya emang berukuran luar biasa untuk ukuran motor, jika diexpansi ke luar maka akan seperti sayap pesawat dan akan melebihi lebar motor itu sendiri. Makanya dibuat expansi ke dalam, dan itu memakan korban area kepala jadi sempit.

Padahal di bawah area kepala itulah sebagian komponen elektronik tersimpan. Dengan desain kepala yang mengecil, mau tidak mau komponen elektronik dipindah, dan pilihannya di buritan bawah jok itu…. Selain untuk memindah komponen eleltronik penting, pemindahan ke belakang juga sebagai redistribusi bobot motor….Salad box.

Oalaaahhh….. Ternyata hanya penyimpan perangkat elektronik to?? 😀 😀

Kredit : MCN

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

2 Komentar

Silahkan Beropini