Cara Pintar Yamaha Akali Aturan Winglet : Inner Winglet

fb_img_1485854470806

Yola dulur yang budiman…. ada hal menarik sebelum bang Iyan ngamuk saat uji resmi motor di sirkuit sepang hari ini. Penampilan baru motor yamaha yang ditunggangi oleh Rossi dan Vinales. Yamaha dengan cerdik mengakali larangan winglet dengan membuat menjadi Inner Winglet

Winglet sendiri musim kemarin jamak dipasang di motor pabrikan kelas motogp. Ide briliant dari ducati tersebut secara nyata membantu traksi ban depan saat akselerasi mendadak. Dengan mengurangi resiko wheelie, maka motor akan lebih cepat berakselerasi.

Sayangnya karena aturan entah siapa pencetusnya, membisiki bagian tehnis motogp untuk melarang winglet dengan alasan safety. ” Jika terjadi crash maka serpihan winglet membahayakan rider lain…” bahkan pembalap yang kontra pun bilang dibelakang motor ducati itu rasanya cukup terganggu karena belahan angin dari winglet. Akhirnya diputuskan TIDAK BOLEH dipakai mulai musim 2017. Ducati sebagai inovator jelas mencak-mencak.

c3e2gyzuoaav_eh

Fungsi winglet ini diam-diam juga dirasakan oleh yamaha. Karakter motor yzr m1 yang kurang power sangat terbantu saat akselerasi serta saat braking dengan adanya winglet. Maka bagaimanapun fungsi winglet harus terpasang di motor mereka. Yang dilarang kan winglet yang “ngampleh-ampleh” kek sayap pesawat itu, atau exterior winglet.

Disaat team lain mencopot winglet mereka, Yamaha dengan cerdik membuat “winglet” yang menyatu dengan fairing samping, namun tidak nampak sebagai winglet. Fairing dibuat dual layer, kemudian diantara layer dibuat dudukan penyambung yang difungsikan sebagai winglet…. Cerdassss…… Jadilah inner winlet, atau winlet yang posisinya di dalam. Dan ini dianggap LEGAL karena masih satu kesatuan dari fairing.

fb_img_1485870438416

Rossi dan vinales yang sudah mengujinya di tes hari kedua di sepang mengalami kemajuan pace daripada hari pertama. Bahkan vinales menjadi runner up dibawah Bang Iyan…. Hasil lebih meyakinkan fungsi winglet harus dibuktikan esok hari, atau tes hari terakhir. Jika bisa menembus angkan 1. 59.00 detik berarti memang fungsi winglet berperan penting.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

5 Komentar

  1. GSX-RR AI29 bisa diatas MI-inner winglet Vinales dan catatan waktu GP17 stoner hari pertama, ada info update apa yang dilakukan team suzuki kang?

Silahkan Beropini