Tampilan Perdana Iannone Dan Alex Rins Di Atas Suzuki GSX-RR 2017

suzuki

Yola dulur yang budiman….. kemarin team suzuki Ecstar motogp telah meluncurkan motor GSX-RR edisi 2017 serta full team terbaru dengan pembalap terbarunya pula, Andrea Iannone dan Alex Rins. Peluncurannya sendiri dilakukan di paddock sirkuit sepang, sekaligus dilanjutkan uji coba resmi pembuka musim 2017.

team suzuki ecstar 2017

Setelah meniatkan kembali terjun di balap motogp 2 tahun yang lalu dan memulai dari 0 riset GSX-RR, pada musim lalu suzuki sukses dengan pembalap yang berhasil diorbitkan di kelas para raja, Maveric Vinales yang berhasil mempersembahkan beberapa podium dan sekali juara seri motogp sejak 2007 yang lalu. Otomatis hal itu menggugurkan hak khusus, hak konsesi, dan kini akan diperlakukan sama dengan team pabrikan lain seperti HRC atau Yamaha.

Dengan modal pengembangan motor GSX-RR yang sangt singkat dan dianggap sesuai dengan track mereka, Suzuki segera membuat pergerakan cepat dengan merekrut pembalap yang berpengalaman, Iannone. Ya….Suzuki merekrut Iannone yang tersisih dari Ducati karena imbas ambisi Ducati dengan project Lorenzonya. Sedangkan langkah ini guna mengantisipasi perginya Vinales yang terinduksi ke kutub magnet yamaha. Sedangkan Pol espargaro yang ngeper dengan kedatangan Iannone memilih pindah team KTM, namun suzuki mendapat pengganti rising star dari moto2, Alex Rins.

fb_img_1485699704336

Sebenarnya kehilangan pembalap multitlent seperti Vinales merupakan kehilangan besar, namun dengan kapasitas Iannone suzuki bisa berharap bisa menambal secara cepat akan hilangnya Vinales. Tinggal seberapa cepat Iannone bisa menyesuaikan diri dengan motor GSX-RR dari motor Ducati. Ada hal yang menarik dari interview dengan Iannone. Deka menangkap statment Iannone sangat hati-hati, ada hal yang belum terselesaikan, namun tetap membangun optimisme positif.

fb_img_1485699363047

Maklum saja, dibesarkan dengan motor ducati yang powerfull namun agak celeng ke GSX-RR yang pendekatannya mirip yamaha YZR, mesin inline 4 yang mengejar kestabilan saat tikungan cepat, namun kalah di trek lurus. Bagaimanapun gaya balap Iannone harus menyesuaikan diri dengan karakter motor. Begitu pula dengan team suzuki yang juga harus menyesuaikan settingan mereka agar sesuai dengan gaya dasar balap Iannone.

au1534308

Iannone sendiri mengomentari bahwa GSX-RR punya potensi yang bagus, dan dia punya target tersendiri…. menjadi pembalap papan atas, di tiap seri, atau selalu mengejar podium. Itu adalah target yang realistis, karena semua merupakan hal yang baru. team baru, crew baru, motor baru, gaya komunikasi baru. namun setelah mencicipi GSX-RR pertama kali di sirkuit Valencia lalu, Iannone cukup optimis targetnya terpenuhi. BTW, menurut deka, iannone merupakan representasi motor Suzuki, agresive, bad boys, gaya ngotot…. cocok banget dengan image suzuki secara global image di mata biker.

c3vdenduyaur8f8

GSX-RR 2017 ini merupakan pengembangan edisi 2016 lalu yang dianggap cukup berhasil. Kemudian diperbaiki lagi soal geometri sasis, revisi mesin, dan khususnya sektor elektronik menjadi pengembangan paling mecolok. Bagaimana resep team suzuki musim ini, spertinya akan sangat menarik melihat kombinasi agresivitas Iannone dengan motor GSX-RR. Sedangkan Buat Alex Rins, musim ini bisa belajar banyak bagaimana rasanya kelas para raja sebagai rookie.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil

2 Komentar

  1. di sentul??
    Ketoke sampeyan durung ngopi kang.

    Mayanlah top speed cm kalah dari ducati 2km/h, kayaknya power nambah lagi ini. Mudah2an performa gsx-rr di wet race lebih baik dari musim lalu. Podium? Pasti, Juara seri? Yakin, Jurdun? Mudah2an..

Silahkan Beropini