Ketika Darmogati Nabrak Anjing ( Balada Darmogati )

suzuki

Yola dulur yang budiman……. Di suatu hari, Darmogati dimintak untuk mengantarkan tamunya pak lurah yang ingin melihat tanah yang akan dijual di daerah Indramayu. Berhubung pak lurah Cisaat ada keperluan mendadak dan mobilnya dipakai, maka darmogati juga disuruh rental mobil saja, nanti uangnya akan diganti… Paling juga 350 rebu untuk sewa setengah hari.

Kirik

Dasar emang Darmogati otak kancil bin belut, bukannya sewa mobil, tapi malah minjem mobilnya si Trakso. Dan alasannya masuk akal, disuruh pak lurah ngantar tamu desa, karena mobilnya pak lurah buat keluar kota… Ini demi pengabdian ke desa, kata darmogati…. Padahal ya pengin ngempit duit 350 rebu sewa mobil tapi malah minjem gratis mobil temennya.

Singkat kata saat pulang dari meninjau lahan yang dijual di Indramayu, darmogati dan tamu tersebut balik ke cisaat cirebon. Sampai di daerah karangampel yang jalannya lurus panjang, darmogati memacu avanza pinjeman tersebut dengan kecepatan tinggi, diatas 100 km/jam. Sudah diingatkan oleh tamu, pelan-pelan saja, toh tujuannya sudah tercapai, tinggal pulang saja… Tapi darmogati ngeyel…”tenang saja pak, saia sudah hafal jalanan di sini, sampai lubang tikusnya juga hafal…..”

Belum juga mulut darmogati mingkem, terdengar suara….. BRAAAKKKK !!!! KAIIINGG!!!!!

” Apa barusan itu yang ketabrak? ” kata si tamu. ” Ahhh…biasa anjing gelandangan nyebrang sembarangan…. Mati juga biarin aja…anjing keneh….” kata darmogati.

Setelah mengantarkan si tamu ke balai desa, Darmogati kembali ke rumahnya si Trakso untuk mengembalikan avanzanya.

Darmogati  : Nih kunci mobilnya, makasih ya…..dan ini titipan uang bensin dari pak lurah, 100 rebu ( padahal dikasih uang bensin ama pak lurah 150 rebu).

Sambil menerima kuncinya, si Trakso mengamati mobilnya, dan matanya tertuju ke bagian bawah kiri bemper… Penyok ke dalam dan cover foglamp nya kiwir-kiwir mau lepas…

Trakso       : Weh…Mo….itu apaan kok penyok gitu…tadi nabrak apaan?

Darmogati : Wooohhh iya…. Kok penyok ya? Perasaan tadi nggak nabrak lho…. Cumak tadi di karangampel ada anjing guhe samber, kirain ndak bikin penyok, kan empuk dagingnya….

Trakso      : Lha kok bisa, anjing lo tabrak?

Darmogati mulai muncul sikap aslinya : Ya bisa ajalah So…namanya juga anjing punya kaki, kalok ndak punya ya gimana dia bisa nyebrang jalan.

Mendengar jawaban itu si Traksi mulai anget tensinya…..

Trakso.      :  Mulai ngelantur nih Loe…. Kenapa juga anjing Loe tabrak? Tadi ngebut ya, sampe ndak bisa ngehindar?

Darmogati : Ah…. Ndak ngebut guhe…. Cumak tadi daripada anjingnya yang nabrak guhe, makanya guhe duluin tabrak dia lah…

Mendengar jawaban itu langsung terucap dari mulut si Trakso : ” GANTI biaya kenteng dan ngecatnya KIRIK !!!!! “.

Salam enteng-entengan

Wassalamualaikum

 

1 Komentar

Silahkan Beropini