TePOK Emang Efektif Untuk Naikin Keberanian Bongkar Motor

wp-1479095505332.jpg

Yola dulur yang budiman….. di warung ini ada artikel TePOK, yaitu DIY atau menangani masalah motor yang dilakukan sendiri. Akronimnya sendiri adalah The Power Of Kepepet. Kepepet, terdesak oleh suatu hal sehingga mau tidak mau ngelakuin sendiri tanpa masuk ke bengkel. Dan ini ternyata efektif untuk meningkatkan skill oprek motor kita.

Dulu, awalnya hanya nyuci motor sendiri, pasang bohlam, pasang spion, pasang lever, pasang spakbor, membersihkan karbu, bongkar karbu dan seterusnya. Keberanian tambah meningkat karena seringnya ngoprek hal sederhana sendiri. Awalnya males ke bengkel, duit mepet, atau hal lainnya yang memaksa semua dilakukan sendiri.

Ini juga deka alami kemarin, dari hari senin memanggil beberapa tehnisi dari 3 bengkel berbeda, sampai hari sabtu malam ndak ada yang hadir. Alasannya macam-macam, dari hujan, lupa, ndak ada tema dan lain-lain, intinya ngeless.

Kenapa deka manggil tehnisi, bukan datang ke bengkel? Karena punya niatan untuk ngecat velk, ganti piringan cakram rem depan si siwi skywave deka. Kalok datang ke bengkel, otomatis motor harus diinapkan dan ngecatnya kudu di situ. Padahal enak ngelakuin di rumah, lebih nyantai.

Karena dongkol 5 hari gagal mengundang tehnisi, maka hari minggu kemarin kepepet bongkar sendiri saja. Dengan tool ala kadarnya, deka beranikan bongkar ban depan belakang dan bongkar kaliper rem. Yang piara skywave pasti tahu bagaimana ribetnya bongkar ban belakang.

Namun karena udah niat TePOK, alhamdulillah semua suksea terbongkar. Dari bongkar ban itulah baru tahu ternyata kampas rem depan udah tipis, jadi sekalian saja ganti sendiri….nambah skill baru untuk bongkar kaliper rem, dan ganti kampas rem.

wp-1479095501419.jpg

Mau ngecat velk ternyata juga ada masalah baru yang kudu diatasi, pinggiran velk ada stiker velknya, ndak tanggung-tanggung, ada 2 lapis. Ini juga perlu skill khusus untuk menghilangkan stiker tersebut. Nanti kita bahas di artikel berikutnya.

Nah… dengan TePOK memang efektif untuk meningkatkan keberanian kita untuk mengatasi masalah di motor sendiri. Kalau nggak terpaksa, ndak mungkin kita tahu cara melepas ban, melepas kaliper rem, mengenal part yang ada disitu. Semua ternyata bermula dari nyuci motor, pasang spion, pasang lever sendiri….

Sampai saat ini kondisi siwi masih belum terpasang kembali karena belum kelar ngerjain. Semoga bisa merakitnya kembali. Kalo gagal ya tinggal panggil tehnisi ke rumah, ndak mau ya todong pakai air soft gun…. πŸ˜€ πŸ˜€

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

13 Komentar

  1. hahaha lepas ban belakang skywave. Mimpi buruk para tukang tambal ban wkwkwk… mesti cepet2 ganti ban tubeless tuh hehe… btw ukurang ban maksimal skywave berapa ya kang? nuhun

  2. Ganjal front fork itu yg extreme..πŸ˜‚πŸ˜‚
    Ketauan enjiner jepun bisa ditimpuk pake busi hayabusa
    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Silahkan Beropini